Guru PAUD Berperan Membentuk Karakter dan Kesehatan Dasar Anak

September 15, 2023

BRIEF.ID – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, guru  pendidikan anak usia dini (PAUD) berperan penting dalam pembentukan karakter dan kesehatan dasar anak sejak dini.

“Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan  berkualitas sesuai perkembangannya. Ketersediaan guru PAUD yang memiliki kompetensi dan pengetahuan dalam pendidikan karakter serta kesehatan dasar anak sangat dibutuhkan,” kata   Lestari dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi terdapat 46,93 ribu guru Satuan PAUD Sejenisnya (SPS) pada semester ganjil Tahun Ajaran (TA) 2022/2023. Saat ini jumlah anak yang bersekolah di jenjang PAUD sekitar 6,72 juta anak.

Lestari mengatakan, pemenuhan kompetensi dan jumlah guru PAUD merupakan salah satu langkah yang harus dipenuhi dalam upaya pembangunan SDM yang berdaya saing.

Usia PAUD, ujar Lestari, merupakan periode emas dalam pembentukan karakter dan intervensi untuk mewujudkan peningkatan daya tahan tubuh yang sangat penting bagi perjalanan hidup setiap anak di masa datang.

Lestari berpendapat, dibutuhkan guru-guru PAUD yang memiliki kompetensi dan pengetahuan yang memadai berkaitan dengan tumbuh kembang anak, baik secara fisik mau pun mental.

Dalam upaya mengatasi stunting misalnya,  anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu mengungkapkan, guru-guru PAUD dapat berperan aktif dalam sosialisasi kepada para orang tua agar membiasakan anaknya mengonsumsi makanan bergizi sejak dini.

Ia  berharap, berbagai upaya peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru PAUD akan menjadi perhatian para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

“Masyarakat, baik komunitas maupun orang tua juga sangat diharapkan peran aktifnya dalam proses pembangunan SDM nasional yang berkarakter kuat dan tangguh di masa datang,” kata dia.  

No Comments

    Leave a Reply