Rumah Dinas 36 Menteri di IKN, Ditargetkan Rampung Juli 2024

May 7, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, sebanyak 36 unit rumah dinas menteri  di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,  ditargetkan rampung pada Juli 2024.

Saat ini, perkembangan pembangunan rumah dinas menteri yang mengusung konsep Smart Home atau Rumah Pintar dan canggih telah mencapai 87%. Rumah para menteri terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“Sekarang sudah 87%, tapi Juli nanti pasti 36 unit rumah sudah selesai,” ujar Basuki, saat meninjau rumah dinas menteri, di KIPP IKN Nusantara, Selasa (7/5/2024).

Menurut dia, rumah dengan struktur dua lantai dan memiliki empat kamar tidur tersebut dibangun dengan konsep Smart Home.

Seluruh komponen untuk struktur bangunan, mulai dari fisik material, hingga interior menggunakan produk dalam negeri. Hal itu turut mendorong program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi lebih optimal.

“Hanya komponen untuk sistem Smart Home-nya yang tidak TKDN,” ujar Basuki.

Dia menjelaskan, untuk suplai daya yang dipakai dalam rumah menteri tersebut menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 6.600 watt yang bisa mencukupi kebutuhan pasokan listrik rumah dinas secara menyeluruh.

Sedangkan untuk suplai air berasal dari reservoir KIPP yang dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas. Adapun air yang terdistribusi di kawasan IKN bisa diminum secara langsung.

Urban Design Development KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) konsep Smart Home di IKN dilengkapi beberapa elemen di antaranya, pencahayaan, audio dan musik, sistem otomatis dan kontrol, ruang media, jaringan, dan keamanan modern.

Satu-satunya elemen yang diterapkan tanpa bantuan alat adalah pencahayaan di Smart Home IKN, mengandalkan bukaan pada bangunan sehingga memungkinkan cahaya dan udara masuk ke dalam. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply