Pilkada DKI Jakarta, PDI Perjuangan Pertimbangkan Usung Ahok dan Anies

May 7, 2024

BRIEF.ID – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan, sedang mempertimbangkan sejumlah nama tokoh yang akan diusung sebagai calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, pada Pilkada serentak 27 November 2024.

Hal itu diungkapkan Hasto menanggapi pertanyaan wartawan terkait peluang PDI Perjuangan memasangkan dua mantan gubernur DKI Jakarta,  yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Cagub – Cawagub DKI Jakarta.

“Nama-nama akan tersaring sesuai  usulan dari daerah-daerah. Mohon maaf, belum bisa kami sebut karena masih melakukan proses pencermatan,” kata Hasto di Jakarta, Senin (6/5/2024) malam.

Ia  tak memungkiri Ahok dan Anies adalah tokoh yang diusulkan kepada PDI Perjuangan untuk diusung sebagai kepala daerah di Jakarta. Baik Ahok maupun Anies merupakan figure yang mencerminkan karakter Indonesia.

“Kita kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah,” ujarnya.

Politisi asal Yogyakarta itu menjelaskan, nama bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan akan disaring melalui usulan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Saat ini, proses penjaringan masih dilakukan di tingkat provinsi untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur. Hasto menuturkan partai berlambang banteng moncong putih itu akan terus menjaring nama-nama yang bakal diusung pada Pilkada serentak 2024.

“Nama-nama terkait  siapa yang jadi calon gubernur di wilayah-wilayah yang menjadi sorotan publik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara,  Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Utara,  Papua, dan Aceh, terus dicermati,” kata Hasto.

No Comments

    Leave a Reply