Dukung BSI, Pemerintah Berburu Investor Baru  ke Timur Tengah

September 15, 2023

BRIEF.ID – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani menyatakan, pimpinan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) akan roadshow  ke Timur Tengah untuk menggaet  investor baru.

Langkah strategis itu ditempuh menyusul rencana dua  bank himbara PT Bank Negara Indonesia (Persero ) Tbk (BBNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)  mendivestasikan sahamnya di BSI.

“Ya, benar. Pada awal Oktober nanti,  BSI akan roadshow  ke Dubai dan Abu Dhabi untuk menggaet investor strategis. Ini sesuai arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Rosan di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Ia mengatakan, Kementerian BUMN  sebagai investor strategis  BSI,  konsisten menjalankan arahan OJK untuk memajukan performa bank syariah terbesar di Tanah Air itu.

“Calon investor bisa berasal dari bank maupun lembaga keuangan. Kita lihat saja nanti. Investor baru berpotensi menjadi pemegang saham sebesar 20%,” ujarnya.

BSI resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada 1 Februari 2021. Bank itu  merupakan hasil penggabungan (merger) dari BRI Syariah, Mandiri Syariah,  dan BNI Syariah yang dimulai sejak Maret 2020.

Saat ini BRI menguasai  kepemilikan saham di BSI sebesar  15,38% dan  BNI  sebanyak 23,24% saham.

No Comments

    Leave a Reply