KBRI Seoul Pastikan Tidak Ada WNI Korban Festival Halloween di Itaewon

October 30, 2022

BRIEF.ID – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul memastikan bahwa tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam Festival Halloween di Itaewon, Distrik Yongsan, Seoul, Korea Selatan.

“Hingga pagi ini, informasi dari kepolisian menyebutkan bahwa belum diketahui adanya WNI yang menjadi korban,” ujar Duta Besar Gandi Sulistiyanto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Seperti diberitakan, pada Sabtu (29/10/2022) sekitar pukul 22.00 waktu setempat telah terjadi peristiwa memilukan saat berlangsung Festival Halloween di Itaewon, yang menewaskan 149 orang dan 76 luka-luka. Jumlah tersebut dikhawatirkan akan bertambah.

Menanggapi kejadian ini, Presiden Yoon Suk Yeol telah mengadakan rapat darurat dan memerintahkan aksi cepat tanggap kepada seluruh jajarannya untuk mengevakuasi para korban, mencegah terjadinya korban tambahan dan menjaga situasi di lokasi kejadian.

Kepala Pemadam Kebakaran Distrik Yongsan, Choi Seong-beom menyatakan, kecelakaan paling fatal terjadi di area sekitar 119-7 Itaewon saat kerumunan besar massa terjebak di gang sempit di dekat Hotel Hamilton, Jalan World Food Street. Sebagian besar korban mengalami kesulitan bernafas dan henti jantung sehingga harus diberi pertolongan pertama.

No Comments

    Leave a Reply