Jelang Lengser, Erick Thohir Siapkan Blueprint BUMN

May 6, 2024

BRIEF.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, bersama jajaran pimpinan  di Kementerian BUMN telah mempersiapkan Blueprint BUMN  yang berlaku hingga 10 tahun ke depan. Salah satunya memperkuat ekosistem di lingkungan Kementerian BUMN.

BUMN pupuk dan pangan yang saat ini terpisah, akan dijadikan satu ekosistem karena keterkaitannya satu sama lain.  

“Di pupuk masih banyak kekurangan, yaitu sumber bahan baku. Kita juga bikin Blueprint, kalau kita mau menjadi produser pupuk nomor 5, bahkan nomor 3 di dunia,  harus ada kepastian ketersediaan bahan bakunya. Semuanya didetailkan agar pengganti kami semua sudah punya blueprint,” kata Erick di sela Family Gathering Kementerian BUMN di di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (5/5/2024)..

Selain itu, lanjut Erick, telah dibahas  anggaran BUMN tahun 2025, termasuk Penyertaan Modal Negara (PMN). Langkah ini ditempuh agar siapa pun yang mengganti posisinya akan mengetahui bahwa ada pekerjaan yang sementara dilakukan.

Diakuinya,  saat memimpin Kementerian  BUMN pada tahun 2019, sama sekali  tidak mengetahui berapa besar PMN. Akibatnya, terjadi ledakan PMN pada 2020 dan 2021, salah satunya untuk infrastruktur.

“Pinjaman jangka pendek digunakan untuk proyek jangka panjang,” kata Erick.

No Comments

    Leave a Reply