Menhub Prediksi Arus Balik Pemudik ke Jabodetabek Dimulai 14 April 2024

April 11, 2024

BRIEF.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  memprediksi,   arus balik pemudik ke daerah Jakarta-Bogor-Depok- Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) akan dimulai pada Minggu (14 /4/2024)  atau H+3 hingga H+7 Lebaran 2024, dengan jumlah kendaraan yang kembali mencapai sebanyak 1,87 juta unit.

“Pemerintah mengharapkan pemudik untuk bisa kembali ke kota asalnya lebih cepat dimulai pada Jumat-Sabtu,” kata Menhub di Pos Pantau Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (11/4/2024).

Menhub mengatakan,  manfaat dari mempercepat waktu balik,  masyarakat  akan terhindar dari potensi kepadatan arus lalu lintas. Dikatakan, jumlah kendaraan sebanyak itu bila melakukan perjalanan dalam waktu bersamaan berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas, terutama yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa.

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), arus balik tahun 2023, potensi kepadatan  akan terjadi di wilayah Salatiga-Semarang,  karena kendaraan pemudik dari Yogyakarta, Solo, Ngawi, Madiun akan bertumpuk di sana.

“Hari Selasa sudah mulai masuk kerja, jadi besok atau lusa adalah hari yang cukup realistis sehingga terhindar dari kepadatan,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply