Hari Pendidikan Nasional 2024, Merdeka Belajar Berbuah Manis

May 2, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengenang awal mula menerapkan kebijakan Merdeka Belajar. Disebutkan, dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mengubah perspektif masyarakat tentang proses pembelajaran. Kini program Merdeka Belajar berbuah manis.

“Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” kata Nadiem saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Nadiem yang hadir bersama Ibu Franka Makarim, langkah memajukan pendidikan di Indonesia mulai serempak. Tatkala Indonesia dan dunia dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Dikatakan, dampak pandemi Covid-19, mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup masyarakat secara drastis. Namun, di saat yang bersamaan, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Secara bergotong-royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama,” kata Nadiem.

Kini, lanjut Nadiem, pendidikan di Indonesia sudah mulai merasakan perubahan. Insan pendidikan, kata Nadiem, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak.

“Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama. Tentunya, dengan gerakan Merdeka Belajar,” ujar Nadiem. (RRI)

No Comments

    Leave a Reply