Traveloka Luncurkan Fitur 100% Refund Guarantee Penerbangan Internasional

July 6, 2023

BRIEF.ID – Traveloka, platform travel terdepan se-Asia Tenggara, terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Terhitung sejak 26 Mei 2023, fitur inovatif 100% Refund Guarantee telah tersedia bagi pemesanan tiket penerbangan internasional.

Traveloka melihat bahwa fleksibilitas dalam perencanaan perjalanan menjadi salah satu pertimbangan terpenting konsumen dalam melakukan pembelian tiket perjalanan.

Iko Putera, CEO Transport Traveloka mengatakan, “sangat penting bagi Traveloka untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan tren yang ada maupun perubahan perilaku konsumen.

Opsi perjalanan yang lebih nyaman dengan fleksibilitas dalam mengubah rencana perjalanan sesuai kebutuhan, menjadi penting bagi konsumen kami. Data internal kami mencatat setidaknya 63% konsumen menyatakan bahwa fitur jaminan reschedule dan refund merupakan fitur terpenting dalam membeli tiket pesawat. Menjawab kebutuhan itu, Traveloka menghadirkan fitur 100% Refund Guarantee untuk pemesanan tiket penerbangan internasional.”

Lebih lanjut, Iko menambahkan bahwa dalam merencanakan perjalanan internasional, bukan tidak mungkin kita dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti. Seperti kemungkinan visa ditolak atau pun ketika harga tiket pesawat yang tiba-tiba melonjak karena ada event besar, seperti konser atau festival musik.

Dengan menambahkan fitur 100% Refund Guarantee pada pembelian tiket pesawat, diharapkan hal ini dapat mengatasi ketidakpastian tersebut, dimana konsumen tetap dapat membeli tiket pesawat jauh hari sebelum hari keberangkatan untuk menghindari harga tiket pesawat yang lebih tinggi jika dibeli mendekati hari keberangkatan, sehingga konsumen dapat merasa lebih aman serta fleksibel dengan tiket yang dapat di-refund jika diperlukan.

Standar Baru

Mengutip Survei Criteo mengenai Preferensi Travel Konsumen, pandemi telah menetapkan standar baru dalam aspek pengalaman konsumen. Konsumen menginginkan penyedia layanan perjalanan yang menawarkan fleksibilitas untuk mengubah rencana perjalanan jika diperlukan. Secara global, 42% wisatawan mempertimbangkan layanan pengembalian dana yang mudah.

Riset Traveloka pada April 2023 juga menunjukkan hasil serupa, dimana kemudahan dalam mengubah pemesanan tiket dan jaminan refund merupakan alasan tertinggi konsumen untuk melakukan pembelian dari suatu platform perjalanan online, di samping promosi yang menarik.

Sebanyak 52% konsumen menginginkan kemudahan untuk mengubah rencana perjalanan, sementara 50% konsumen juga menginginkan jaminan refund 100%.

Didukung oleh mitra asuransi ADB Insurance powered by MJP, fitur 100% Refund Guarantee telah menjadi fitur favorit konsumen setia Traveloka untuk pemesanan penerbangan domestik sejak tahun 2019. Kini layanan inovatif tersebut telah tersedia untuk penerbangan internasional dengan pemesanan tiket pesawat keberangkatan hingga 10 bulan ke depan.

Konsumen dapat melakukan refund biaya penerbangan hingga 24 jam sebelum keberangkatan, sekaligus mengubah tiket non-refundable menjadi refundable dengan biaya refund mulai dari Rp 200.000. Fitur refund dan reschedule dapat dengan mudah ditemukan di aplikasi Traveloka, melalui beberapa tahap. Pertama, ketika melakukan pencarian pengguna dapat mencari dan memilih penerbangan yang diinginkan dengan menambahkan jaminan Refund 100% pada pilihan add on.

Kedua, apabila telah melakukan pembelian, informasi lengkap untuk melakukan permohonan Refund / Reschedule dapat dilihat pada tab Refund & Reschedule pada menu tiket yang telah dipesan. Konsumen dapat melakukan refund biaya penerbangan hingga 24 jam sebelum keberangkatan

    Iko mengatakan, sebagai platform travel terdepan yang kini hadir di enam negara di Asia Tenggara, Traveloka senantiasa berinovasi dalam memenuhi aspirasi penggunanya.

    “Memahami tren perilaku konsumen merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan layanan yang inovatif dan solutif bagi pelanggan kami. Hadirnya fitur Refund Guarantee 100% untuk penerbangan internasional, menjadi salah satu wujud nyata komitmen kami dalam upaya pemenuhan kebutuhan perjalanan konsumen sekaligus menumbuhkan kembali tingkat kepercayaan diri konsumen untuk mengeksplorasi berbagai destinasi internasional,” kata Iko.

    No Comments

      Leave a Reply