Maarten Paes Resmi Jadi WNI

April 30, 2024

BRIEF.ID – Kiper klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat (AS) FC Dallas Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Pada upacara pengambilan sumpah, Maarten Paes terlihat mengenakan setelan jas hitam yang dipadu kemeja putih dan dasi merah, serta menggunakan peci hitam.

Proses pengambilan sumpah WNI dipimpin Kepala Kantor Wilayah Andika Dwi Prasetya. Andika. Pada kesempatan itu, Andika mengatakan, “Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara”.

Maarten berpeluang besar untuk memperkuat Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 12 Juni 2024 di Indonesia.

Maarten Paes pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Menjelang dua laga final kualifikasi Piala Dunia 2026 itu, Maarten diwajibkan memenuhi beberapa syarat agar dapat tampil membela Merah Putih, salah satunya adalah menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), karena Maarten pernah membela Timnas Belanda U-21 di Piala Eropa U-21 2021 saat berumur 22 tahun.

Hal ini bertentangan dengan regulasi FIFA bahwasanya seorang pemain dapat berganti dan bermain untuk Timnas lainnya jika berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain, baik di tim junior atau pun di senior dalam laga resmi.

Jika semuanya lancar, maka kiper yang mempunyai darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur itu berpeluang meramaikan pos penjaga gawang Garuda di kualifikasi Piala Dunia 2026 yang saat ini kerap diisi Ernando Ari Sutaryadi.

Pada dua laga itu, Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan akan lebih dekat dengan pesta sepak bola dunia yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko itu.

Adapun di MLS musim ini, Maarten yang memiliki tinggi badan 1,92 meter, selalu tampil penuh pada 9 laga Dallas dengan catatan tiga clean sheet.

No Comments

    Leave a Reply