Indonesia-Singapura Luncurkan Pilot Project Tech:X

April 30, 2024

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, mengumumkan peluncuran program percontohan (pilot project) Tech:X. Pengumuman peluncuran pilot project Tech:X disampaikan dalam dalam Retret Pemimpin Singapura-Indonesia ke-7 yang berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024).

Tech:X adalah program ketenagakerjaan bilateral yang memungkinkan para profesional muda di bidang teknologi dari Indonesia dan Singapura untuk bekerja dalam jangka pendek dan mendapatkan pengalaman berharga di negara lain.

“Inisiatif-inisiatif ini merupakan langkah positif untuk bersama-sama memanfaatkan energi dan gagasan sumber daya manusia di kedua negara, serta membangun angkatan kerja yang siap menghadapi masa depan dan berwawasan ke depan,” bunyi pernyataa Kementerian Luar Negeri Singapura, dikutip Selasa (30/4/2024).

Dalam Retret Pemimpin Singapura-Indonesia ke-7, kedua pemimpin negara menunjukkan komitmen dan perhatian terhadap hubungan bilateral dan kerja sama substantif yang telah dikembangkan Singapura dan Indonesia selama bertahun-tahun.

Perdana Menteri Lee dan Presiden Joko Widodo menyambut baik kemajuan signifikan dalam kerja sama bilateral selama dekade terakhir. Hubungan ekonomi keduanya kuat, dengan investasi dari Singapura ke Indonesia berjumlah lebih dari 74 miliar dolar Singapura atau Rp882,850 triliun secara kumulatif.

Selain peluncuran pilot project Tech:X, kedua pemimpin negara juga menyambut baik perpanjangan Perjanjian Pembiayaan Bilateral yang ke-5 antara Otoritas Moneter Singapura dan Bank Indonesia.

Perjanjian Pembiayaan Bilateral tersebut dinilai semakin memperkuat kerja sama keuangan yang sedang berlangsung dalam menjaga stabilitas moneter dan keuangan di kedua negara di tengah ketidakpastian makroekonomi global.

Tantangan Bersama

PM Lee dan Presiden Jokowi juga bertukar pandangan mengenai perkembangan regional dan global. Keduanya menegaskan kembali komitmen untuk bekerja sama, dengan ASEAN dan organisasi internasional lainnya seperti PBB, untuk mengatasi tantangan bersama.

Kedua pemimpin negara juga sepakat bahwa kemajuan dalam hubungan bilateral dimungkinkan oleh komitmen bersama yang didasari saling pengertian dan peningkatan hubungan yang kuat di semua tingkatan.

Baik PM Lee maupun Presiden Jokowi menyatakan keyakinan bahwa generasi Singapura dan Indonesia mendatang akan menjaga momentum baik dalam kerja sama bilateral antarkedua negara.

Dalam pertemuan itu, PM Lee menyampaikan bahwa ini adalah Retret Pemimpin terakhirnya bersama Presiden Jokowi, sekaligus kunjungan luar negeri terakhirnya sebagai PM Singapura.

Terkait dengan itu, PM Lee menggunakan momen pertemuan tersebut untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kontribusinya terhadap hubungan bilateral dengan Singapura yang terjalin baik.

PM Lee juga menyambut baik arah perekonomian Indonesia yang kuat, yang telah membawa stabilitas, kemajuan dan optimisme bagi Indonesia dan memberikan manfaat bagi kawasan ASEAN.

Dia menegaskan kembali dukungan berkelanjutan Singapura terhadap pertumbuhan dan kemakmuran Indonesia, dan komitmen untuk memperkuat hubungan yang saling menguntungkan antara kedua negara.

No Comments

    Leave a Reply