Presiden Jokowi: Bandara Ewer Buka Keterisolasian di Asmat

July 6, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan  pengembangan Bandar Udara Ewer  membuka keterisolasian wilayah  Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

“Ini penting sekali, konektivitas keterhubungan antara sebuah wilayah. Baik itu kabupaten, provinsi maupun pulau karena akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan  pengembangan Bandar Udara Ewer,  Kamis (6/7/2023).

Presiden Jokowi mengatakan,  peresmian pengembangan bandara Ewer  akan membuka keterisolasian wilayah dan  mempercepat pengiriman logistik.

Pada  kesempatan itu, Presiden Jokowi juga  mendapat laporan tentang jadwal penerbangan, yaitu penerbangan dari Timika sebanyak dua kali seminggu, penerbangan dari Kamur sebanyak empat kali penerbangan dalam seminggu, dan dari Merauke sebanyak empat kali seminggu.

Dengan adanya penerbangan ke Kabupaten Asmat, lanjutnya  akan membuka wisata Asmat dan akan semakin meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

“Kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, di Papua Selatan akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Presiden.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa terminal penumpang Bandara Ewer memiliki arsitektur minimalis dengan ornamen dan interior bernuansa budaya Asmat.

“Seperti pemasangan miniatur perahu suku Asmat yang bukan hanya sekedar alat transportasi tapi juga merupakan filosofi kehidupan dan kematian bagi suku Asmat,” ujar Menhub.

Ia  mengatakan, pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Kabupaten Asmat  merupakan wujud komitmen pemerintah, dalam pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Papua Selatan.

No Comments

    Leave a Reply