Semarak, Kirab Budaya Ganjar-Mahfud di Kota Solo, Berikut Rutenya

February 10, 2024

BRIEF.ID  – Ratusan ribu rakyat Kota Solo tumpah ruah menyemarakkan  Kirab Budaya Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD  di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (10/2/2024).

Kirab Budaya merupakan bagian dari kampanye akbar Hajatan Rakyat Solo, yang digelar di 14 titik dan dipusatkan di Benteng Vastenburg.

Pada kirab yang diguyur hujan itu, Ganjar-Mahfud naik gerobak sapi bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, para musisi,  dan elite partai politik  (Parpol) pendukung paslon Nomor 3, pada  Pilpres 2024.

Kirab dimulai pada sekitar  pukul 08.00 WIB dan direncanakan selesai pada pukul 10.00 WIB. Sedikitnyaa ada 21 gerobak yang ditarik sapi dalam kirab itu.

Ganjar berada di  gerobak pertama bersama istrinya Siti Atikoh Supriyanti dan putranya, Alam Ganjar. Di gerobak kedua,  Mahfud dan istrinya Zaizatun beserta anak-anak.

Di gerobak 3 ada Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani beserta dua anaknya, Praba dan Pinka.

Adapun, Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung berada di gerobak 4.

Berikut rute kirab yang dilalui Ganjar-Mahfud:

Titik Nol: Titik Ngarsopuro

Tarian Umbul Donga Singkir Sakerta membuka kirab  rakyat untuk Ganjar-Mahfud. Umbul Donga Singkir Sakerta berarti memanjatkan doa untuk menyingkirkan segala kekotoran dan kesialan yang ada di negeri ini.

Di sini, warga memberikan padi kepada Ganjar sebagai lambang kejayaan petani dan harapan rakyat untuk kesuburan di Bumi Pertiwi. Sementara Mahfud MD diberikan dandang bambu sebagai simbol komitmen untuk swasembada pangan.

Titik 1: McDonald Slamet Riyadi

Pementasan Barongsai dan Liong dalam rangka merawat kebhinekaan pada tahun baru Imlek, barongsai dan liong turut mengiring Ganjar-Mahfud menjadi pemimpin.

Barongsai dan Liong adalah simbol suci yang dipercaya memiliki kekuatan yang dapat mendatangkan keberuntungan dan menghindarkan kesialan.

Titik 2: Slari Coffee

Pementasan Lembu Suro sebagai  pengingat bagi penguasa saat ini bahwa mengingkari janji akan berdampak buruk.

Hikmah kisah Lembu Suro juga menjadi pengingat bagi Ganjar-Mahfud kepada rakyat yang mencintainya. Ganjar-Mahfud tidak akan meninggalkan rakyat.

Titik 3: Bank Perkreditan Rakyat Sabar Artha Prima

Di lokasi ini ada pementasan Reog Boyolali yang sarat makna religius, toleransi, disiplin, kerja keras, dan kreativitas. Semangat kebangsaandan tanggung jawab ini juga yang akan selalu diemban Ganjar-Mahfud dalam memimpin Indonesia.

Di sini, warga memberikan kelapa hijau kepada Ganjar yang melambangkan pemimpin yang membawa kesegaran.

Sementara itu, Mahfud MD diberikan hasil bumi ketela dan jagung, yang melambangkan harapan rakyat untuk kejayaan petani ketahanan pangan.

Titik 4: Lembaga Pemasyarakatan Rutan Kelas I

Pementasan Reog Ponorogo selain sebagai simbol komitmen menjaga warisan budaya bangsa, juga untuk menunjukkan harapan agar perjuangan rakyat bersama Ganjar-Mahfud menjadi perjuangan yang diridhai Tuhan.

Titik 5: CIMB Niaga

Pementasan Reog Ponorogo

Titik 6: Sisi Kiri Jalan Slamet Riyadi

Pementasan Reog Ponorogo

Titik 7: Bundaran Gladak

Pementasan Reog Ponorogo. Saat rombongan berada di depan Gedung Gereja GPIB Penabur, rakyat memberikan Ganjar stetoskop,  yang melambangkan harapan rakyat akan kesehatan bagi semua melalui program Satu Desa, Satu Faskes, Satu Nakes. Sementara itu, Mahfud diberi kitab hukum yang melambangkan harapan rakyat untuk penegakkan hukum yang berkeadilan.

Titik 8: Kantor Pos Indonesia

Pementasan Reog Ponorogo. Di sini, rakyat memberikan toga kepada Ganjar yang melambangkan harapan rakyat akan pendidikan yang berkualitas bagi semua melalui program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana. Selain itu, Ganjar juga diberikan

rekaan KTP Sakti untuk melambangkan program KTP Sakti untuk kesejahteraan rakyat. Rakyat juga memberikan palu sidang  kepada Mahfud yang melambangkan ketegasan hukum yang tidak lagi  tumpul ke atas.

Titik 9: Balai Kota Surakarta

Pementasan drama tari Wayang Orang “Durga Mendhak, Sang Kala Sirna”

Titik 10: BRI

Rakyat memberikan Ganjar dan Mahfud rekaan KTP Sakti yang melambangkan program KTP Sakti untuk kesejahteraan rakyat.

Titik Puncak di Benteng Vastenburg

Di lokasi ini digelar acara utama kampanye akbar ‘Hajatan Rakyat’ Surakarta menampilkan orasi tokoh-tokoh nasional, sederet band dan penyanyi ternama, dan penampilan khusus dari Butet Kartaredjasa, dan putra-putri penyair Wiji Thukul korban penculikan 1998. (

No Comments

    Leave a Reply