Hajatan Rakyat Solo, Ratusan Ribu Rakyat Dukung Ganjar-Mahfud

February 10, 2024

BRIEF.ID – Ratusan ribu rakyat Solo Raya dan  berbagai daerah di Indonesia  tumpah ruah di halaman Balai Kota Surakarta (Solo),  walau diguyur hujan lebat.

Kehadiran masyarakat yang memadati  kantor yang pernah menjadi tempat beraktivitas Joko Widodo dan  Gibran Rakabuming Raka  solid mendukung pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres)  Mahfud MD.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan,  Hajatan Rakyat Solo sangat meriah, seiring hadirnya  gelaran kirab  dan pementasan budaya yang bernuansa Indonesia.

“Hajatan Rakyat Solo adalah  pesta rakyat untuk semua kalangan,” kata Arsjad di Solo, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Arsjad mengungkapkan, dari Kota Solo, Hajatan Rakyat akan digelar di Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah. Prosesi dari Kota Solo menuju Kota Semarang mencerminkan peralihan dari era Joko Widodo menuju Ganjar Pranowo.

Disebutkan, bagian terpenting  pada Hajatan Rakyat Solo  adalah pementasan drama tari Wayang Orang “Durga Mendhak, Sang Kala Sirna.”  Drama tari yang berarti tunduknya kejahatan, musnahnya angkara murka ini bercerita tentang nafsu kuasa yang menghalalkan segala cara. Tentang pribadi penuh serakah yang merasa dirinya paling berhak berkuasa.

Cerita tentang Dewasrani, putra penguasa negeri para dewa yang berambisi menguasai dunia dengan segala daya upaya ini, dihadang dan digagalkan seorang ksatria utusan kebenaran, Wisanggeni. Melalui peperangan hebat, Wisanggeni berhasil mengalahkan Deswarani  dibantu Semar, yang melambangkan kekuatan rakyat. 

Esha, koordinator pementasan wayang orang mengatakan, “Wisanggeni adalah sosok ksatria pemberani, tegas, dan suka menolong kesulitan rakyat,   yang mencerminkan sosok Ganjar Pranowo.

Dan,  tokoh sakti Mandraguna yang mewakili sosok rakyat, penasihat ksatria yang sederhana, jujur, dan bijaksana, tercermin pada  sosok  Mahfud MD.

Usai  pementasan Wayang Orang, Ganjar akan menerima  wayang Wisanggeni dan Mahfud diberikan wayang Semar.

Selama prosesi kirab, Ganjar dan Mahfud  diberikan rakyat suatu hantaran  penuh makna. Di  lokasi kampanye utama di  Benteng Vastenburg,  rakyat memberikan kepada Ganjar dan Mahfud rekaan KTP Sakti,  yang melambangkan harapan rakyat untuk kemenangan Ganjar-Mahfud,   agar  KTP Sakti bisa diterapkan untuk kesejahteraan rakyat.

Setelah itu, keduanya meninjau mural Harapan Rakyat yang dibuat oleh seniman setempat.

Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra mengatakan,  Ganjar-Mahfud mempunyai 3 janji setia, yaitu taat kepada Tuhan, patuh kepada hukum, dan setia kepada rakyat Indonesia.

Kesetiaan kepada rakyat menjadi sebuah  keniscayaan, setelah jutaan rakyat  Indonesia menuliskan harapannya di pundak Ganjar-Mahfud. Kini,  giliran rakyat Solo Raya,  yang menyampaikan harapannya.

”Mas Ganjar  dan Prof Mahfud  menandatangani mural sebagai tanda kesetiaan kepada rakyat,” kata Karaniya di Benteng Vastenburg.

Benteng Vastenburg dibangun Belanda untuk mengawasi Keraton Surakarta.  Setelah kemerdekaan, benteng ini digunakan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan.

Benteng Vastenburg juga menjadi  lambang perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan yang penuh intimidasi dan keserakahan.

“Kemerdekaan dari intimidasi dan keserakahan diraih dengan darah dan air mata oleh leluhur kita. Ganjar-Mahfud akan menjaga kemerdekaan itu untuk rakyat Indonesia,” tutup Karaniya.

No Comments

    Leave a Reply