GBK Merah Total, Bukti Pendukung Ganjar-Mahfud Solid Tanpa Jokowi

February 3, 2024

BRIEF.ID  – Kehadiran ratusan ribu orang relawan dan pendukung pada “Hajatan Rakyat, Konser Salam M3tal, 03 Menang Total’ di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2/2024), menunjukkan bahwa pendukung Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud solid dan militan tanpa dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kampanye yang dihadiri kader parpol pendukung Ganjar-Mahfud,  PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo beserta relawan memperlihatkan soliditas para pengurus dan kader PDI Perjuangan di Pulau Jawa untuk masuk ke medan pertempuran  sesungguhnya, pada 14 Februari 2024.

“Massa yang hadir di GBK hari ini sebetulnya menunjukkan,  bahwa tanpa dukungan kekuasaan Jokowi, para pendukung Ganjar dan Mahfud solid dan militan,” kata Direktur Riset dan Survei Indonesia Political Expert (IPE) Agustanto Suprayoghi di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Soal apakah kehadiran ratusan ribu orang pada kampanye itu akan mendongkrak elektabilitas Ganjar-Mahfud dan mengungguli Paslon Nomor 2, Agus menuturkan hal itu akan tergantung dari banyak faktor.

“Yang pasti 10 hari menjelang hari H ini adalah masa konsolidatif, di mana hasil sebetulnya akan ditentukan oleh tenaga Guraklih (tenaga penggerak pemilih) yang bekerja langsung di akar rumput yang memastikan paket capres-cawapres dan legislator mana yang akan dipilih oleh masyarakat,” kata Agus.

Lebih lanjut dikatakan, naiknya tensi politik nasional terkait polemik bantuan sosial (bansos) berpengaruh pada dinamika pemilihan Capres-Cawapes di akar rumput.

Apalagi sejumlah kampus sudah mulai bergerak. Tapi harus diingat, ujarnya, bahwa komposisi terbanyak pemilih di Indonesia bukan di perkotaan, tapi di pedesaan.

Artinya, besar kecilnya pengaruh dari publikasi kampanye nasional, penjelasan tentang bansos, harus dapat tersampaikan secara sederhana kepada para pemilih di pedesaan.

Gampangnya, lanjut Agus, citra Jokowi sebagai pemberi Bansos, jika bisa terus diklarifikasi oleh para Guraklih dengan baik kepada masyarakat di non-perkotaan, bukan tidak mungkin, elektabilitas Prabowo-Gibran maksimal akan berada di angka 41%, sementara Ganjar-Mahfud akan berada di kisaran 36%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di angka 22%.

Seperti diketahui, ratusan ribu orang menghadiri kampanye “Hajatan Rakyat, Konser Salam M3tal, 03 Menang Total’ di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Sabtu (3/2/2024). Mereka berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Kampanye yang dikemas dengan pertunjukan seni dan budaya serta para penyanyi itu dipadati massa yang berpakaian bernuansa merah.

Kampanye ini juga dihadiri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjio, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang, mantan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sedangkan musisi yang memeriahkan konser tersebut antara lain: grup band Slank, Kotak, Tipe-X, The Virgin, Eda Deli, Sandi Sandoro, Ruth Sahanaya, Pas Band, Young Lex, Dead Squad.  

No Comments

    Leave a Reply