Meskipun Warga Sipil, TPN Yakin Ganjar Mumpuni Sebagai Panglima Tertinggi

January 6, 2024

BRIEF.ID  – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meyakini Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mumpuni sebagai Panglima Tertinggi, meskipun berasal dari warga sipil.

Pengalaman Ganjar Pranowo yang mumpuni sebagai Gubernur Jawa Tengah (2013-2023) dan Anggota DPR RI (2004-2013) menjadi modal utama  untuk  menjabarkan Visi Misi di Bidang Pertahanan dan Keamanan (Hankam),  pada  Debat  Capres Ketiga  di Istora Senayan,   Jakarta, Minggu, (7/1/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan menggelar Debat, yang diikuti Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan, Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto, dan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo.

Deputi Politik TPN Ganjar-Mahfud,  yang juga mantan Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto meyakini Ganjar akan tampil prima pada  Debat yang mengusung  tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

“Kami relatif anteng untuk tema politik dan  keamanan, karena Mas Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, memiliki pengalaman dan pemahaman mendalam  terkait tema itu,” kata Andi di Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Ia mengatakan, Visi-Misi Ganjar-Mahfud untuk menjawab berbagai tantangan sekarang ini sangat  komprehensif dan menjangkau  hingga ke akar rumput. Salah satu di antaranya  adalah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia.

Andi menilai Visi  ini bukannya tidak mungkin terwujud,  mengingat luas perairan Indonesia dan posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN. 

Ganjar, lanjut Andi,  menyadari betul disrupsi yang terjadi saat ini, konflik geopolitik Ukraina vs Rusia, Alutsista, Perubahan Konstelasi Geopolitik, dan Pertahanan Keamanan di dalam negeri.

“Mas Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah, jelas  sering berinteraksi dengan jajaran TNI.  Mas Ganjar mengtahui betul Batalyon Artileri ada di mana saja, kekuatannya seperti apa, dan beberapa jumlah  Alutista. Dari situ,  kami benar-benar melayani kebutuhan Mas Ganjar untuk menghadapi Debat Capres. Ada juga  Jenderal Andika Perkasa sebagai mantan Panglima TNI dan Pak Todung Mulya Lubis yang berpengalaman sebagai Duta Besar,” jelas Andi.

Talenta dan Penguasaan

Sementara itu,  Dewan Pakar Bidang Politik TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam menyatakan,  bahwa sangat memahami talenta serta penguasaan pengetahuan   Ganjar di bidang pertahanan dan keamanan.

“Insya Allah, Mas Ganjar  akan  tampil optimal. Dan, tentu saja   berpenampilan presidensial  pada Debat Capres Ketiga. Mas Ganjar memiliki talenta dan pengetahuan  mumpuni, juga berpengalaman sebagai anggota  DPR RI dan sebagai eksekutif,” ujar Hikam.

Mantan Menteri Ristek itu mengungkapkan, visi misi yang diusung Ganjar-Mahfud di bidang Hankam sangat  jelas dan menegaskan posisi Indonesia di fora dunia internasional.

Disebutkan, bahwa Ganjar bukan  dari kalangan militer, tetapi memiliki tekad dan semangat untuk  memajukan  industri pertahanan dan keamanan di dalam negeri agar menjadi tuan di negerinya sendiri. 

“Bukan menjadi penghalang bagi pemimpin sipil  untuk  memajukan  industri  pertahanan nasional. Yang terpenting adalah seorang pemimpin  memiliki Visi yang jelas dan sesuai  kepentingan nasional,  serta dinamika geopolitik global. Jika Visinya  jelas, maka kebijakannya pasti konkret,  bisa dilaksanakan, dan selanjutnya  diserahkan kepada  para ahli di bidangnya, dengan pengawasan dan pengelolaan yang efektif,”  ujar Hikam yang dikenal sebagai penulis buku “Demokrasi dan Civil Society.”

No Comments

    Leave a Reply