Filda Yusgiantoro: Transisi Energi Menyangkut Kesetaraan Gender, Kaum Disabilitas Hingga Masyarakat Adat

April 27, 2024

BRIEF.ID – Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro mengatakan,  transisi energi  menyangkut pelibatan kaum  perempuan, juga inklusi bagi kaum disabilitas serta masyarakat adat  di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Indonesia.

“Kita tidak hanya berbicara mengenai peran perempuan di sektor energi, juga berbicara mengenai inklusinya. Jadi, inklusinya ada masyarakat adat yang rentan  terdampak  climate change.  Masyarakat yang rentan adalah kelompok disabilitas dan masyarakat adat di daerah 3T,” kata Filda pada pembukaan The Energy Insight (The Ensight) bertema “No One Left Behind: GESI dalam Transisi Energi” di Gedung PYC, Jalan Wijaya IX/12, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

Filda mengatakan, kelompok disabilitas dan masyarakat adat wajib diperhatikan dalam transisi energi. PYC sebagai organisasi nirlaba, sejak Oktober 2023  telah mengadakan penelitian tentang Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial (Gender Equality and Social Inclusion/GESI).

Di sisi lain, dalam upaya mendukung peran GESI diperlukan investasi dalam bentuk  pelatihan teknis untuk  perempuan di sektor energi terbarukan,  peningkatan keterampilan teknis,  dan  kapasitas manajemen.

No Comments

    Leave a Reply