Hajatan Rakyat Cirebon, Yenny Wahid: Ganjar-Mahfud Benteng Terakhir Demokrasi

January 27, 2024

BRIEF.ID – Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid mengajak rakyat Cirebon untuk memenangkan pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD pada Pilpres 2024. Yenny yang dikenal sebagai Direktur Wahid Institute menyebut duet Ganjar-Mahfud sebagai benteng terakhir demokrasi.

Pernyataan itu disampaikan Yenny saat berorasi pada Hajatan Rakyat Cirebon di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

“Demokrasi memastikan bahwa kamu, kamu, kamu serta saya, kita semua sama, punya hak dan setara di mata hukum. Dan, negara tidak boleh ada perlakuan istimewa untuk siapa pun di negeri kita. Semua rakyat sama dan setara di mata hukum dan negara,” ujar Yenny yang merupakan anak Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Mengawali orasinya, Yenny memuji keberanian masyarakat pendukung Ganjar-Mahfud, yang berani hadir langsung di lokasi dan tidak takut diintimidasi pihak-pihak tertentu.

“Bapak, ibu sekalian adalah orang- orang pemberani, kalian adalah pejuang-pejuang demokrasi. Kalian datang ke sini tidak takut diintimidasi. Kalian datang ke sini tidak untuk ditawar-tawar. Kalian adalah pejuang demokrasi di negara ini,” ujar dia.

Menurut Yenny, semua rakyat butuh untuk dilindungi, butuh rasa aman dan berhak untuk sejahtera. Hal tersebut merupakan esensi dari demokrasi.

“Ganjar dan Mahfud tidak boleh kita biarkan berjalan sendiri. Yang mereka perjuangkan adalah kepentingan kita, kita menitipkan amanah untuk mereka, agar mereka berjuang untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih unggul,” jelasnya.

Selain itu, Yenny Wahid menyebutkan bahwa Ganjar-Mahfud merupakan sosok yang merakyat, anti korupsi, berjuang untuk kesejahteraan rakyat, pro petani, guru ngaji dan guru agama, pro nelayan, memikirkan nasib rakyat dan mau duduk sama rendah dengan rakyat.

“Jadi mari kita bergerak, di daerah masing- masing, kita temani langkah Ganjar-Mahfud. Kita temani mereka untuk mewujudkan negara yang lebih berpihak pada rakyat kecil. Jadi kita semua punya tanggung jawab untuk memenangkan mereka,” pungkas Yenny.

Kampanye ini dihadiri langsung Capres 3 Ganjar Pranowo, para petinggi partai politik pendukung, dan Tim Pemenangan baik nasional maupun daerah, grup band Slank, dan ribuan pendukung Ganjar-Mahfud.

Pada kesempatan itu, Ganjar menjelaskan 21 Program Unggulan kepada masyarakat Cirebon, yang antara lain internet gratis, Bantuan Langsung Tunai (BLT) tepat sasaran, PKH tepat sasaran, program untuk petani khususnya, dan sembako murah.

“Kenapa BLT dan PKH harus tepat sasaran? mereka yang dari keluarga tidak mampu harus mendapatkan haknya,” katanya.

Ke depan, kata Ganjar hanya dengan satu kartu yakni KTP saja. Sebab walaupun sudah ada yang menerima bantuan tapi masih belum merata. “Kita akan satukan dalam satu kartu, cukup satu KTP saja nanti insya Allah bapak ibu bisa mendapatkan bantuan yang tepat sasaran,” jelasnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun meminta agar masyarakat Cirebon tidak takut terhadap intimidasi. Sebab, masyarakat memiliki kebebasan untuk memilih dan jangan pernah ingkar janji.

“Maka mulai siang ini di Cirebon saya mengingatkan rakyat tidak pernah takut tidak pernah ada yang boleh ingkar janji,” harap Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply