Ganjar Menginap di Desa Kauman, Warga: Selamat Datang Satrio Gunung Lawu

January 19, 2024

BRIEF.ID – Kabut menyelimuti jalanan yang basah akibat hujan. Kontur jalan yang berliku dan naik turun membuat mobil yang ditumpangi Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo harus berjalan ekstra hati-hati.

Pada Kamis (18/1/2024) malam, Ganjar kembali menginap di rumah warga. Kali ini, Desa Kauman di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur menjadi tempat menginap Gubernur Jawa Tengah dua periode, 2013-2018 dan 2018-2023. Desa yang terletak  di Lereng Gunung Lawu itu, lokasinya cukup terpencil karena  jauh dari suasana perkotaan.

Kemeriahan dan kegembiraan terlihat jelas di desa itu. Ribuan warga berdiri berjajar di pinggir jalan  menyambut kedatangan Ganjar. Hujan yang mengguyur tak menyurutkan semangat warga  menyaksikan kehadiran Capres berambut putih itu.

“Selamat datang, Pak Ganjar. Selamat datang, Satrio Gunung Lawu,” kata warga sambil melambaikan tangan.

Sebutan “Satrio Gunung Lawu” disematkan  karena Ganjar  lahir di lereng Gunung Lawu,  tepatnya di Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Lawu adalah salah satu gunung api aktif   yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lokasi Gunung Lawu  di perbatasan Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, dengan Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Iki lananging jagad. Gagah temenan. Hujan ini adalah berkah dari Allah atas kehadiran Pak Ganjar. Bangga banget,   desa kami didatangi Bapak,” ucap warga lainnya.

Tanpa dikomando ribuan warga langsung berdesakan untuk bersalaman dan foto bersama  Ganjar. Lelah menanti sejak sore hari terbayar dengan kehadirannya di kampung itu.

Di antara ribuan warga yang bahagia, seseorang yang paling beruntung  adalah Sardi (63), pemilik rumah yang menjadi tempat menginap Ganjar. Sardi  tak pernah menyangka, Ganjar mau berkunjung  ke desanya dan menginap di rumahnya yang sederhana.

“Saya itu sampai sekarang masih nggak percaya, kok mau Pak Ganjar ke desa terpencil, seperti desa kami ini. Mau menginap di rumah saya, yang kondisinya begini. Ini sebuah kebanggaan, saya sampai ingin menangis terharu,” ucap Sardi.

Pemimpin Merakyat

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu menyaksikan  bagaimana merakyatnya Ganjar. Ia mau duduk lesehan di tikar dan ngobrol bareng masyarakat. Ganjar  mau tinggal di rumahnya, tidur di kasur usang miliknya, dan Ganjar terlihat sangat bahagia.

“Pokoknya kami tambah sayang sama Pak Ganjar dan tambah yakin kalau beliau calon pemimpin terbaik. Semoga Pak Ganjar terpilih menjadi Presiden,” pungkasnya.

Sambutan warga Kauman memang sangat meriah. Mereka berdesak-desakan masuk ke rumah Sardi,  hanya untuk  ngobrol bersama  Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, 2013-2018 dan 2018-2023.

Kesempatan itu tak disia-siakan, sejumlah persoalan disampaikan dan berharap Ganjar melakukan perbaikan. Mulai pupuk langka, pendidikan mahal, kesehatan, pendampingan UMKM,  dan lainnya.

Ganjar mendengarkan  curhatan warga dengan seksama. Sambil makan durian dan minum teh, Ganjar ngobrol bareng warga hingga larut malam dan menyampaikan sejumlah program kerja. Mulai KTP Sakti, SMK Gratis Lulus Langsung Kerja untuk masyarakat miskin, satu warga miskin satu sarjana, creative hub dan banyak program inovatif lainnya.

“Bapak dan Ibu mpun dalu. Kulo nunut nginep mriki nggih (Bapak dan Ibu sudah malam, saya numpang menginap di sini ya). Maturnuwun sambutannya, besok kita olahraga bareng,” ucap Ganjar berpamitan untuk istirahat.

Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD didukung partai politik PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) untuk berkontestasi pada Pilpres 2024, yang akan diselenggarakan pada 14 Februari mendatang.

No Comments

    Leave a Reply