Puan Maharani Bertemu Presiden Raisi Bahas Peningkatan Kerja Sama Hubungan Masyarakat

May 24, 2023

BRIEF.ID –  Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya penguatan hubungan bilateral Indonesia-Iran di berbagai bidang saat menerima kunjungan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (23/5/2023) sore.

“Bukan hanya di bidang ekonomi, tapi juga di kesehatan, tambang, pendidikan, hubungan masyarakat, dan lain-lain,” kata Puan.

Ia berharap pertemuan bilateral itu dapat meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Iran, termasuk meningkatkan hubungan antarparlemen, agar semakin baik, erat, dan menambah peningkatan volume perdagangan.

“DPR dapat membantu implementasi kesepakatan internasional yang disetujui pemerintah Indonesia dan Iran sehingga kesepakatan internasional dapat dilaksanakan dan berdampak langsung bagi masyarakat,” kata dia.

Puan juga  mendorong isu penguatan hubungan bilateral dalam bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, mengingat total perdagangan kedua negara mengalami peningkatan dari tahun 2021 ke 2022.

“Saya juga mendorong peningkatan perdagangan kedua negara melalui pengesahan perundingan Preferential Trade Agreement (PTA) RI-Iran,” ujarnya.

Dikatakan,  ada kerja sama lebih jauh antara Indonesia dan Iran dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Indonesia, lanjutnya, memiliki Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang dapat menjadi penggerak bagi kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi antarkedua negara.

“Kerja sama pendidikan juga berperan penting untuk dikembangkan dalam konteks kerja sama riset dan teknologi ini,” katanya.

Sementara itu, Presiden Raisi mengaku senang mengunjungi  para wakil rakyat di Gedung DPR RI, sebab menurutnya Indonesia dan Iran punya hubungan yang spesial. Ia  mengundang Puan bersama delegasi DPR untuk berkunjung ke Iran.

“Saya bangga bisa bertemu wakil rakyat Indonesia. Pemerintah boleh berganti, tapi hubungan masyarakat Indonesia dan Iran harus selalu langgeng,” kata Presiden Raisi.

No Comments

    Leave a Reply