Tanggapi Survei Litbang Kompas, Andi Widjajanto:Mas Ganjar Adalah Jokowi 3.0

December 11, 2023

BRIEF.ID – Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, meyakini masyarakat melihat gaya kepemimpinan Joko Widodo di sosok Ganjar Pranowo.

Pernyataan itu, disampaikan Andi Widjajanto, dalam jumpa pers di Media Center Tim Pemenangan Nasional pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Andi menanggapi hasil survei Litbang Kompas mengenai elektabilitas pasangan capres-cawapres dan pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters).

Menurut Andi, hasil survei Kompas tak menyudutkan Ganjar-Mahfud. Elektabilitas Ganjar-Mahfud yang berada di urutan ketiga dibandingkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, menurut dia harus diteropong lebih dalam dari sisi metodologi dan timing (waktu) pengambilan survei.

Andi mengungkapkan, hasil survei tidak sepenuhnya menggambarkan penilaian masyarakat, apalagi setelah kampanye capres-cawapres mulai berjalan.

Fokus Visi-Misi
Mantan Gubernur Lemhanas itu optimistis masyarakat akan menilai ketiga pasangan capres-cawapres dari visi-misi yang diusung serta track record, dibandingkan kepopuleran, dan gimik, serta hasil survei bervariasi dan berubah dari waktu ke waktu.

Pasangan Ganjar-Mahfud justru lebih fokus pada visi-misi, terutama pada program-program strategis yang sudah dijalankan Presiden Jokowi. Dari sisi visi-misi, lanjut Andi, masyarakat akan menemukan bahwa Ganjar-Mahfud justru menjadi pasangan capres-cawapres yang memperkuat visi-misi Indonesia Unggul yang diusung Jokowi.

“Kalau dari visi-misi, bisa lihat di lapangan betapa cepat Mas Ganjar memperkuat dan mendukung program-program strategis yang sudah dilakukan Pak Jokowi,” ujar Andi.

Sebagai contoh, Ganjar-Mahfud berkomitmen mewujudkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai Kota Hijau, Kota Digital, dan Smart Hub. Untuk program hilirisasi pun pasangan ini memiliki visi-misi yang memperkuat program hilirisasi yang telah dirintis Jokowi hingga ke industri.

Cara Ganjar meneruskan gaya kepemimpinan Jokowi terlihat, antara lain lewat blusukan yang dilakukan ke berbagai daerah, dan langsung ke masyarakat kecil.

“Kami yakin kalau publik melihat sosok Mas Ganjar, maka publik akan menilai Mas Ganjar ini adalah blusukan plus, Mas Ganjar ini adalah Jokowi 3.0,” ungkap Andi.

No Comments

    Leave a Reply