Kemkes Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 di Posko Mudik

December 11, 2023

BRIEF.ID – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuka layanan vaksinasi Covid-19 di sejumlah fasilitas posko mudik.

Kebijakan itu ditempuh untuk  menekan laju pertumbuhan kasus selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

“Kemenkes RI membuka gerai vaksinasi, bagi mereka yang belum vaksin dan booster,” kata Muhadjir kepada wartawan usai menghadiri sidang paripurna kabinet di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Ia mengatakan, Kemenkes  menyiapkan lebih dari 143 posko mudik, yang tersebar di sepanjang jalur mudik Natal dan Tahun Baru 2024.

Muhadjir mengimbau kepada pemudik untuk mewaspadai potensi penularan Covid-19 yang kini sedang  tren peningkatan di Tanah Air.

“Yang penting para pemudik ini selama Natal dan tahun baru waspadai adanya Covid-19. Lebih bagus patuh protokol kesehatan, tapi tidak usah terlalu khawatir, nyaman-nyaman saja liburnya, ibadahnya juga berjalan seperti biasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

Saat ini,  Indonesia telah memasuki endemi Covid-19. Namun,  status itu bukan menjadi jaminan bahwa  SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 telah sirna dari muka bumi.

“Bahwa Covid-19 masih ada. Memang ada kita sudah berada di era endemi, tapi  Covid-19 tidak akan hilang sama sekali,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply