Kehadiran RS Hermina di IKN Perkuat Kepercayaan Investor

November 2, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama  (groundbreaking)  Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi berharap kehadiran RS Hermina akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor untuk tinggal serta  berinvestasi di IKN.

Groundbreaking rumah sakit ini akan makin menguatkan kepercayaan masyarakat dan investor agar tidak ragu-ragu lagi untuk tinggal di IKN, tidak ragu-ragu berinvestasi dan mengembangkan usahanya di IKN Nusantara,” ujar Presiden Jokowi, pada Rabu (1/1/2023).

Ia mengatakan,  ketersediaan fasilitas kesehatan yang baik merupakan hal pertama yang selalu ditanyakan masyarakat yang ingin menjadi warga IKN. Kehadiran berbagai RS bertaraf internasional di kawasan IKN, lanjutnya, dapat menjawab kekhawatiran masyarakat.

“Jawabannya, sekarang sudah jelas, (yaitu) sudah ada dan segera di mulai konstruksi yaitu Rumah Sakit Hermina Nusantara. Karena hari ini kita akan melakukan groundbreaking rumah sakit yang bertaraf internasional, berbasis eco green dan smart hospital. Dan, rumah sakitnya ramah lingkungan berkonsep green building, memanfaatkan energi terbarukan dan didukung digitalisasi smart hospital,” paparnya.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa investasi yang dikucurkan untuk pembangunan RS Hermina Nusantara mencapai Rp650 miliar. Kepala Negara pun berharap pembangunan RS tersebut dapat segera selesai sehingga masyarakat IKN dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang unggul.

“Dengan adanya Rumah Sakit Hermina Nusantara ini masyarakat di IKN dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang unggul seperti pelayanan gawat darurat, trauma center, dan ortopedi, (pelayanan) ibu dan anak, perinatologi, tumbuh kembang anak, dan neurologi. Tadi juga disampaikan  dokter Hasmoro bahwa ini tidak hanya melayani pasien VVIP tetapi juga pasien BPJS dan non-BPJS, ini sangat bagus,” ujarnya.

Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pj  Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

No Comments

    Leave a Reply