Bertemu Ganjar Pranowo, Pelaku Industri Kreatif  Minta HAKI Jadi Akses Modal

November 4, 2023

BRIEF.ID – Bacapres 2024, Ganjar Pranowo menjadi rebutan pelaku industri kreatif saat  mengunjungi pameran Urban Sneaker Society (USS) di JCC Jakarta, Jumat (3/11/2023) malam. Selain untuk memamerkan aneka produk yang mereka buat, para pelaku industri kreatif itu juga memanfaatkan kehadiran Ganjar sebagai ajang curhat.

Beragam persoalan disampaikan peserta USS yang mayoritas anak muda itu pada Ganjar. Mulai pemasaran, pelatihan hingga kemudahan untuk dapat akses modal.

“Pak Ganjar, tolong bantu kami. Selama ini kami kesulitan untuk mengakses modal demi mengembangkan bisnis ini. Mau pinjam ke bank, mereka tidak mau karena kami tidak punya agunan,” ucap Renaldy, pemilik brand Dominate asal Jakarta.

Renaldy berharap, ada campur tangan pemerintah untuk memuluskan itu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kemudahan pelaku industri kreatif tanah air mendapat modal dengan jaminan intelektual property atau HAKI.

“Selama ini kami tahu bapak konsen betul soal ini dan pernah mengatakan akan memperjuangkan pelaku industri kreatif dalam negeri mendapatkan akses modal dengan IP atau HAKI. Tolong kalau bisa itu bisa segera terwujud pak,” tambah Dilla, pelaku industri kreatif lainnya.

Ganjar dengan serius mendengarkan curhat dan keluh kesah para anak muda itu. Ia menegaskan, bahwa pemerintah sudah punya aturan yang menyatakan jika IP atau HAKI bisa digunakan sebagai agunan untuk mendapat akses permodalan ke bank.

“Sebenarnya sangat bisa karena aturannya sudah ada. Sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur hal itu,” ucap Ganjar.

Program Prioritas

Ganjar mengatakan, sampai saat ini pelaksanaan kebijakan itu belum berjalan optimal. Dan, pemerintah ke depan, lanjut dia, harus menjadikan program itu sebagai prioritas.

“Kan aturannya sudah ada. Hanya tinggal kemauan dan keseriusan dari pemerintah untuk mengeksekusi,” ucapnya.

Sebenarnya lanjut Ganjar, saat menjabat sebagai Gubernur Jateng, ia sudah memulai dengan menggandeng Bank Jateng. Namun memang, skalanya masih belum bisa optimal.

“Ke depan ini memang harus ditindaklanjuti karena tadi keluhan para pelaku industri kreatif itu sama. Mau pinjam ke bank tidak punya agunan. Mereka berharap IP dan HAKI bisa dipakai. Aturan sudah ada, tinggal komitmen dan kemauan. Tunjuk saja satu atau dua bank untuk mengeksekusi, maka industri kreatif Indonesia pasti maju,” pungkasnya.

Tak hanya mendengar curhatan para pelaku industri kreatif, dalam pameran itu Ganjar juga membeli aneka produk yang dijajakan. Mulai sepatu, jaket, kaos, sandal, kemeja, topi dan lainnya.

“Wah seneng banget pak Ganjar datang dan membeli produk kami. Tadi langsung dipakai sepatunya, langsung ganti di tempat. Bangga sekali rasanya, punya pemimpin yang suport karya anak bangsa,” ucap Alfond, pemilik brand sepatu Kanky.

No Comments

    Leave a Reply