Presiden Jokowi:Kebaya, Cerminan Karakter Perempuan Indonesia

August 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kebaya adalah cerminan karakter perempuan Indonesia.  Gelaran Istana Berkebaya, Kepala Negara menyatakan,  menjadi wadah untuk memperkenalkan kembali karakter perempuan Indonesia yang anggun dan bersahaja.

“Kita ini kan ingin mengenalkan kembali agar kita kembali kepada karakter dan kepribadian Indonesia. Karena, sekali lagi, kebaya adalah karakter masyarakat Indonesia, wanita Indonesia, yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, yang bersahaja. Saya kira tadi nampak dalam Istana Berkebaya tadi,” kata Kepala Negara  usai membuka  acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta,  Minggu (6/8/2023).

Presiden Jokowi  hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang mengenakan kebaya encim  Betawi.  Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Bintang Puspayoga,  dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo kompak mengenakan busana kebaya encim Betawi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenakan kebaya encim khas Betawi, saat mengikuti acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023).

Ia mengatakan, selain di Jakarta, kegiatan serupa harus terus dilakukan  di  daerah lainnya dengan menampilkan kebaya khas masing-masing daerah.

“Ini terus harus dilakukan dengan gencar, tidak hanya di Jakarta, tapi di daerah-daerah dengan kebaya masing-masing karena ada kebaya encim di Jakarta, nanti ada kebaya gaya Sunda, gaya Jawa, gaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, semuanya ada kebaya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi  mengapresiasi kebaya hasil desain para desainer lokal yang dinilai sebagai kreasi baru dan diharapkan dapat memunculkan desain-desain lainnya yang berbeda.

“Saya melihat kalau ini terus ditampilkan seperti ini, kreasi-kreasi yang baru, desain-desain yang baru, inovasi-inovasi yang baru akan muncul, akan muncul, akan muncul dengan warna yang berbeda, dengan desain yang berbeda, dengan ya warna-warni itu lah Indonesia,” kata dia.

Penyelenggaraan Istana Berkebaya  menampilkan sejumlah tokoh berkebaya, Presiden berharap ketertarikan masyarakat Indonesia untuk mengenakan kebaya di setiap kegiatan di Tanah Air akan meningkat.

“Masyarakat secara luas, kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh event-event yang ada di Tanah Air,” kata dia.

Peragaan busana kebaya oleh tokoh perempuan inspiratif Indonesia bertajuk  Istana Berkebaya  diinisiasi  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ratusan peserta berjalan di panggung catwalk  sepanjang 200 meter di area luar depan Istana Merdeka.

Pada  acara yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI, selain menteri perempuan, istri menteri, para duta besar, jurnalis perempuan, juga  aktris  turut meramaikan acara. Dari kalangan pesohor, tampak Happy Salma  memimpin peragaan busana. Ia mengenakan kebaya berwarna hijau muda, lengkap dengan selendang berwarna serupa.

Selain itu, ada juga Ariel Tatum, Raline Shah, penyanyi Andien Aisyah, Tissa Biani, dan Shareefa Daanish.

No Comments

    Leave a Reply