Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Gemar Berkebaya

August 6, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh elemen masyarakat gemar berkebaya di  berbagai event  yang diselenggarakan di Tanah Air.  Ajakan itu disampaikan Kepala Negara pada  acara Istana Berkebaya  di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023).

“Kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya  gubernur, tetapi untuk masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh  event yang ada di Tanah Air,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi  hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang mengenakan kebaya encim  Betawi.  Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Bintang Puspayoga,  dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo kompak mengenakan busana kebaya encim Betawi.

Ia mengatakan,   Istana Berkebaya bertujuan untuk mengenalkan kembali  karakter dan kepribadian masyarakat Indonesia melalui kebaya. Kebaya, lanjutnya, adalah karakter perempuan Indonesia yang anggun, lemah lembut, namun bersahaja.

Kepala Negara menginginkan pemakaian kebaya tidak hanya digencarkan di Jakarta, tetapi juga di daerah dengan busana khasnya masing-masing.

“Saya kira ini terus harus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta, tetapi di daerahdaerah dengan kebaya masing- masing karena ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya Sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, semuanya ada kebaya,” kata Presiden Jokowi.

Ia  mengapresiasi kreasi dan inovasi baru kebaya baik dari segi motif, desain dan warna yang bervariasi, layaknya Indonesia. Adapun acara Istana Berkebaya merupakan pagelaran busana kebaya encim dari Betawi dengan para model yang berjalan di panggung, seperti menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju, istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM duta besar negara sahabat, hingga masyarakat.

Peragaan busana kebaya oleh tokoh perempuan inspiratif Indonesia bertajuk  Istana Berkebaya  diinisiasi  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ratusan peserta berjalan di panggung catwalk  sepanjang 200 meter di area luar depan Istana Merdeka.

Pada  acara yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI, selain menteri perempuan, istri menteri, para duta besar, jurnalis perempuan, juga  aktris  turut meramaikan acara. Dari kalangan pesohor, tampak Happy Salma  memimpin peragaan busana. Ia mengenakan kebaya berwarna hijau muda, lengkap dengan selendang berwarna serupa.

Selain itu, ada juga Ariel Tatum, Raline Shah, penyanyi Andien Aisyah, Tissa Biani, dan Shareefa Daanish.

No Comments

    Leave a Reply