H-2 Lebaran, Menhub Ingatkan Operator Maskapai Penerbangan Jaga Kondisi Pesawat

April 19, 2023

BRIEF.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada maskapai penerbangan supaya menjaga kondisi pesawat mereka agar tetap fit saat digunakan untuk mengangkut penumpang arus mudik Lebaran.

“Hari ini, saya gembira bersama  Pak Kapolri  yang menginisiasi untuk mengunjungi Jawa Timur  guna memantau lokasi kepadatan tinggi karena banyak tempat yang harus diperhatikan,” kata Menhub  di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (19/4/2023).

Menhub mengatakan,  PT Angkasa Pura (AP) I selaku operator dan  maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Batik, dan lainnya, untuk menjaga pesawat mereka supaya tetap fit.

“Pengecekan pesawat harus dilakukan supaya pesawatnya baik,” ujar Menhub.

Sementara itu,  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa Rabu (19/4/2023)  sudah memasuki peak season.

“Karena dari biasanya 30 ribu, saat ini sudah masuk di atas 45 ribu orang penumpang,” ujarnya.

Kapolri secara khusus mengimbau  masyarakat yang melakukan

perjalanan mudik untuk memaksimalkan posko mudik yang telah disiapkan. Masyarakat dipersilahkan menyampaikan keluhan di posko untuk  mendapatkan rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan mudik.

“Apabila ada keluhan segera lapor ke petugas terdekat. Mulai dari masalah kesehatan sampai dengan hal-hal yang tentunya terkait kamtibmas atau hal lain. Tentunya pos terpadu siap untuk memberikan pelayanan,” ujar Kapolri.

Dari hasil meninjau dan berdialog dengan penumpang pesawat di Bandara Juanda, Kapolri menyatakan saat ini pemudik dalam kondisi baik dan tidak terdapat keluhan.

No Comments

    Leave a Reply