Ganjar Pranowo Bangga Penyaluran KUR di Jawa Tengah Terbaik Nasional

August 10, 2023

BRIEF.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bangga penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Jawa Tengah mendapat penilaian terbaik nasional.

Alhamdulillah, ini adalah penghargaan KUR untuk ke tiga kalinya berturut-turut. Pembiayaan usaha masyarakat dengan bunga rendah ini memang terbukti mampu mendorong perkembangan UMKM serta mengoptimalkan seluruh potensi ekonomi kerakyatan kita,” kata Ganjar usai menerima KUR Award 2023 Kategori Provinsi di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Ia mengucapkan terima kasih kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang senantiasa mendampingi Pemerintah Provinsi  Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan juara satu untuk kategori provinsi dengan strategi terbaik dalam penyaluran KUR. Diikuti  Provinsi Jawa Timur dan Lampung di posisi juara dua dan tiga. Kemudian untuk kategori provinsi dengan invoasi terbaik dalam penyaluran KUR, diberikan kepada provinsi Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Bali,” jelas Ganjar.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hingga 31 Juli 2023, realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp126,3 triliun dari pagu target  sebesar Rp297 triliun, yang disalurkan kepada 2,3 juta debitur.

“Penyaluran KUR sekarang sedang dalam tren positif di tahun ini sampai 31 Juli sebesar Rp126,3 triliun kepada 2,3 juta debitur, dengan NPL terjaga di 1,63%,” kata Airlangga.

Dari segi capaian KUR produksi tercatat sebesar 55,4%, dan graduasi sebesar 52%, menurut  Airlangga, penyaluran KUR kepada masyarakat itu juga  berkontribusi  pada pertumbuhan ekonomi nasional yang dirilis  Badan Pusat Statistik (BPS), awal pekan ini.

Pertumbuhan penyaluran kredit meningkat sebesar 9,39 %, dengan kredit yang khususkan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh  7,61% secara tahunan (yoy).

No Comments

    Leave a Reply