Menkes Budi: Perkuat PPKM & Prokes, Varian COVID-19 XBB Sudah Masuk Indonesia

October 21, 2022

BRIEF.ID – Virus COVID-19 varian XBB sudah masuk Indonesia. Terkait hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta semua pihak bekerja sama memperkuat efektivitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan protokol kesehatan (prokes).

“Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6.000 per hari, karena ada kasus varian baru yaitu XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesia dan sedang kita amati terus,” kata Budi dalam Capaian Kerja Pemerintah 2022 dikutip dari Antara, Jumat (21/10/2022).

Budi menekankan negara belum bisa dikatakan aman dari pandemi COVID-19 lantaran berbagai mutasi varian baru masih berpotensi tersebut terjadi. Meskipun negara Indonesia kini berhasil mengendalikan pandemi lebih baik dibandingkan pada awal tahun 2020 saat pertama kali pandemi terjadi, atau pada saat bulan Juli 2021 lalu akibat varian Delta.

“Tapi ujiannya nanti, akan kita lihat di awal tahun. Kita tahu Singapura yang tadinya hanya ratusan kasus sekarang naik menjadi 6 ribu kasus per hari, lebih tinggi dari Indonesia yang cuma 2 ribu kasus per hari padahal penduduk Singapura 5 juta, sedangkan Indonesia cuma 270 juta,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut, Budi juga mengungkapkan, sampai saat ini masyarakat Indonesia masih menjadi salah satu warga negara yang patuh terhadap protokol kesehatan. Juga, capaian vaksinasi COVID-19 sudah bisa dikatakan sangat baik lantaran sebanyak 440 juta dosis telah disuntikkan lebih kepada 240 juta warga.

**

No Comments

    Leave a Reply