Branding pada dasarnya masuk dalam strategi marketing. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa brand (merek) adalah nama, logo, simbol dan pesan yang ingin disampaikan, serta hal lainnya yang bisa mengidentifikasikan sebuah bisnis. Branding merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan bagi pelanggan dalam memutuskan untuk membeli sesuatu.
Proses branding itu sendiri merupakan sebuah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk serta perusahaannya dan juga upaya untuk membedakan diri dari pesaing.
Setiap produk bermutu tinggi atau perusahaan yang bonafid selalu terkait dengan merek yang menarik, unik dan gampang untuk diingat. Dengan kata lain, kebanyakan bisnis-bisnis besar yang sukses berhasil menciptakan proses branding yang mampu menciptakan persepsi pada pelanggan untuk mengasosiasikan sebuah produk atau jasa tertentu terhadap sebuah merek.
Peluang merek asli Indonesia untuk going Global terbuka lebar di masa-masa mendatang. Namun, syaratnya tentu tidak mudah. Merek lokal ini harus sudah mapan di tingkat nasional. Dalam membangun merek harus dilihat dulu kinerja produknya di tingkat nasional. Bahkan di era sosial media, merek perusahaan-perusahaan start up berhasil menggeser merek-merek mapan.
Di akhir tahun, para pemain-pemain besar perlu mulai mengevaluasi hasil kerja mereka setahun ke belakang. Beberapa merek paling mapan telah menghadapi kenyataan bahwa mereka harus beradaptasi atau mati menghadapi pemain baru, yang lebih agresif membangun persepsi di media sosial, seperti Fashion Nova di mancanegara dan Gojek di Indonesia. Selain memaksimalkan strategi konvesional melalui marketing dan public relation.
Mengutip dari Business Insider, berikut beberapa merek yang paling sukses secara eksplosif di tahun 2018:
- Supreme
- Vans
- Crocs
- Calvin Klein
- Off-White x Converse Chuck 70
- Gucci
- Fashion Nova
- Fenty Beauty
- Adidas Yeezy 500 Utility Black
- Everlane
- Balenciaga
- Glossier
Fashion Nova telah menjadi merek fesyen favorit di internet. Perusahaan ini telah meraih ketenaran dalam waktu yang relatif singkat berkat sejumlah endorsement di Instagram dari influencer dan selebriti. Hingga hari ini, Fashion Nova memiliki 13,7 juta pengikut. Tahun lalu, Fashion Nova adalah salah satu merek yang paling banyak dicari di Google, mengalahkan merek-merek mewah terkenal seperti Gucci dan Louis Vuitton
Merek Gojek Salip Dji Sam Soe
Sementara itu WPP dan Kantar Millward Brown perusahaan global leader in brand strategy consulting mengumumkan merek-merek Indonesia yang masuk dalam ajang “BrandZ™ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018″. Merek tersebut sangat berharga karena bertumbuh dengan melebihi dua kali tingkat GDP, sampai dengan sebesar 13% dibandingkan dengan tingkat 5,2% dari keseluruhan pertumbuhan ekonomi nasional.
Merek-merek tersebut masuk dalam daftar Top 50 merupakan merek yang paling memiliki kecenderungan untuk dibeli oleh konsumen dan telah tumbuh hampir tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan merek-merek yang lebih lainnya.
Berikut BrandZ Top 10 Merek-Merek Indonesia Paling Berharga 2018:
- Bank BCA Bank dengan brand value USD12,674 miliar
- Bank BRI dengan brand value USD9,385 miliar
- Telkomsel dengan brand value USD8,863 miliar
- A Mild (Sampoerna) dengan brand value USD8,279 miliar
- Bank Mandiri dengan brand value USD6,427 miliar
- Dji Sam Soe (Sampoerna) dengan brand value USD2,654 miliar
- GO-JEK dengan brand value USD2,387
- Surya dengan brand value USD2,374 miliar
- Gudang Garam dengan brand value USD2,311 miliar
- Bank BNI dengan brand value USD2,228 miliar
Lalu bagaimanakah dengan merek-merek start up dan mapan yang yang sudah mendunia di tahun 2019. Suatu revolusi di dalam dunia pemasaran digital terus saja berkembang dengan sangat pesat. Teknologi sosial terbaru terus saja bermunculan dan teknik periklanan di dunia digital yang terus berevolusi dan berusaha agar tetap terus menjadi yang terdepan dan juga dapat melihat ke depan agar dapat mengambil langkah dengan sigap dan baik.
No Comments