BSI Tingkatkan Layanan Remitansi Bagi TKI di Malaysia

August 29, 2024

BRIEF.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) meningkatkan layanan remitansi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Hal itu dilakukan untuk mendorong pertumbuhan berbasis pelanggan atau customer based di luar negeri, sekaligus menggenjot dana murah.

SEVP Digital Banking BSI, Saut Parulian Saragih, mengatakan hingga Juni 2024 bisnis remitansi BSI mencapai 1 juta transaksi. Artinya, kebutuhan transaksi TKI di luar negeri cukup tinggi.

Terkait dengan itu, BSI semakin solid dan masif untuk menggandeng kerja sama dengan mitra remittance, terutama di negara yang jumlah TKI-nya besar.

“Apalagi transaksi pekerja migran didominasi transfer bank, e-wallet, dan pencairan tunai,” kata Saut di Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Di Malaysia, lanjutnya, BSI menggandeng mitra remitansi yakni SMJ Teratai Sdn. Bhd. yang merupakan mitra strategis dalam pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

COO SMJ Teratai Sdn Bhd, Stella Yong, menyampaikan melalui kerja sama BSI dan SMJ Teratai, TKI dapat mengirimkan uang secara realtime melalui cabang maupun agen SMJ Teratai di Malaysia dengan biaya dan kurs bersaing.

“Pekerja migran Indonesia juga dapat mengirimkan uangnya ke Indonesia menggunakan aplikasi Ewang yang memudahkan nasabah dalam mengirimkan uang kapanpun dan di manapun,” ungkap Stella.

Saut menjelaskan, BSI juga terus melakukan sosialisasi kepada TKI agar semakin memahami kemudahan layanan remitansi yang disediakan bank tersebut. Hal itu, dilakukan melalui literasi keuangan dengan sosialisasi produk dan layanan perseroan.

Salah satunya melalui Pesta Rakyat yang digelar BSI untuk literasi keuangan dan sosialisasi produk kepada TKI di Malaysia. Acara tersebut digelar BSI bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru di Halaman Kantor KJRI Johor Bahru, pada Minggu (25/4/2024), yang dihadiri lebih dari 2.000 pekerja migran.

Saut mengungkapkan, kegiatan itu juga sebagai wujud komitmen BSI dan KJRI Johor Bahru mendukung ekonomi syariah untuk warga Indonesia di Malaysia.

Melalui kegiatan tersebut, TKI dengan mudah dapat membuka rekening melalui BSI Mobile dengan menggunakan nomor handphone lokal Malaysia. Perseroan juga mengakselerasi layanan digital BSI Mobile untuk menjadi one stop solution, terutama untuk pekerja migran.

pada kesempatan itu, Konsul Jenderal RI Malaysia, Sigit Suryantoro Widiyanto, menyampaikan dukungannya atas inisiatif BSI memperkuat layanan remitansi bagi TKI di Malaysia.

“Semoga BSI dapat terus berkolaborasi dengan KJRI Johor Bahru untuk memberikan layanan yang bermanfaat bagi TKI di Malaysia,” ujar Sigit.

No Comments

    Leave a Reply