Menaker Apresiasi Program Magang Pekerja Indonesia di Jepang

March 28, 2024

BRIEF.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengapresiasi pelaksanaan program magang pekerja Indonesia di Jepang. Menaker menyatakan, Indonesia dan Jepang akan terus menjalin hubungan baik lewat berbagai program, termasuk bidang pemagangan pekerja Indonesia.

“Program pemagangan tenaga kerja Indonesia ke Jepang merupakan kerja sama yang menguntungkan kedua negara,” kata Menaker pada Graduation Ceremony Techincal Intern Training Program in Japan Batch 12 di Jakarta , Rabu (27/3/2024),

Menaker menyatakan, kini Indonesia mengalami era bonus demografi, sebuah kondisi di mana komposisi penduduk didominasi usia produktif berkisar 15-64 tahun, dibandingkan usia tidak produktif yaitu 65 tahun ke atas.

Kondisi ini, lanjutnya, membuat Indonesia berkewajiban untuk terus fokus meningkatkan skill dan etos kerja para angkatan kerjanya.

“Sehingga kita berharap dengan bonus demografi ini akan seperti Jepang, yang karena pernah mendapat bonus demografi mengantarkan Jepang menjadi negara maju. Harapannya satu abad Indonesia nanti kita akan menjadi negara maju,” kata Menaker.

Kondisi bonus demografi di Indonesia, lanjutnya, berbalik dengan Jepang yang saat ini sedang mengalami _aging population_ atau era penduduk berusia lanjut mendominasi komposisi penduduk. Karena itu Jepang kini sedang membutuhkan penduduk usia produktif untuk membantu menggerakkan roda perekonomian.

“Kita ini dengan kondisi ini perlu terus menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Jepang, diantaranya melalui program magang yang sudah terjalin sekitar 30 tahun,” kata Menaker.

No Comments

    Leave a Reply