Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Ketersediaan Stok Pangan Nasional

March 28, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pastikan, pemerintah akan terus mengawal ketersediaan stok pangan nasional untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah akan mengawal ketersediaan pangan, khususnya beras untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” kata Amran di Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Mentan menyatakan, saat ini masa panen telah tiba di berbagai daerah di Indonesia sehingga memberikan kepastian bagi pasokan beras dalam negeri. Panen raya padi telah berlangsung sejak awal  Maret 2024 dan akan  berlangsung hingga April 2024.

“ Badan Pusat Statistik telah memprediksi kita akan mendapatkan produksi beras pada Maret melesat 3,54 juta ton dan puncaknya di April 2024 menyentuh 4,92 juta ton. Masyarakat tidak perlu khawatir. Belanja dengan bijak kebutuhan beras hariannya,” jelas dia.

Kementan, lanjutnya, tidak hanya berhenti pada produksi saat ini, juga  akan terus memacu produksi beras melalui strategi percepatan masa tanam atau  tanam culik.

Dia berharap petani dapat segera menanam padi kembali seusai panen, dan pemerintah akan menjamin benih, pupuk hingga pompa air bagi daerah yang membutuhkan dukungan irigasi.

No Comments

    Leave a Reply