TPN: Debat Ketiga Pilpres 2024, Ganjar Tekankan National Interest

January 7, 2024

BRIEF.ID – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar- Mahfud, Tuan Guru Bajak Muhammad Zainul Majdi menegaskan, pada Debat Ketiga Capres, Ganjar Pranowo akan menekankan pentingnya national interest (kepentingan nasional) Indonesia, menghadapi perubahan-perubahan dunia yang terjadi saat ini.

“Satu hal yang selalu ditekankan Mas Ganjar adalah bahwa seluruh pembicaraan politik luar negeri kita harus menumpukan national interest atau kepentingan nasional sebagai poros,” ujar TGB di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar debat yang diikuti tiga Capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

TGB mengatakan, penegasan itu disampaikan Ganjar atas dasar kepentingan nasional tadi maka Indonesia tidak boleh menjadi subordinasi kepentingan negara manapun.

Geopolitik Indonesia menghadapi dua kekuatan besar yang saling tarik-menarik. Indonesia harus tetap kokoh dengan national interest-nya.

Menurut TGB, Ganjar akan siap menghadapi debat ketiga yang mengangkat isu-isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Globalisasi

Ini karena, menurut TGB, tema-tema tersebut sudah sering disampaikan Ganjar dan Mahfud, baik saat blusukan, dan dalam forum-forum saat keduanya diundang untuk menyampaikan pandangan-pandangan terkait politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Jadi secara persiapan sudah siap, bagus. Alhamdulillah,” tegas TGB.

Disinggung mengenai evaluasi debat perdana, TGB mengatakan diskusi berjalan terus. Jika dicermati pada debat pertama, lanjut TGB, penampilan Ganjar sangat proporsional, tidak banyak “kembang-kembangnya”, tetapi substansinya disampaikan dengan baik.

“Saya pikir kita akan menyaksikan beliau menyampaikan hal-hal penting, substansi dari apa-apa yang ingin dikerjakan ketika nantinya memimpin Indonesia, khususnya dalam konteks pertahanan dan hubungan luar negeri kita,” tegasnya.

Debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan pukul 19.00 WIB, mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

No Comments

    Leave a Reply