Thomas Lembong: Menaikkan Pajak Sektor Hiburan Kurang Rasional

January 19, 2024

BRIEF.ID –  Co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Thomas Lembong, menyebut menaikkan pajak  sektor hiburan adalah langkah yang kurang rasional.

Menteri Investasi 2016-2019 dan Menteri Perdagangan 2015-2016 itu menjelaskan, sektor hiburan merupakan bagian dari ekonomi kreatif karena ada jutaan pelaku dan saat ini merupakan sektor yang berkembang.

“Jadi bagi saya kok kurang rasional, kita menghantam sektor yang justru banyak menyediakan lapangan kerja, banyak memperlihatkan sukses saat ini. Dan kalau digempur dengan pajak bagi saya kok kurang rasional ya?” kata Thomas saat berbicara pada diskusi yang diselenggarakan Forum Komunitas Pengusaha Nasional di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Thomas  mengatakan, kebijakan atau paradigma pajak yang rasional itu adalah hal-hal yang ingin dikurangi, seperti misalnya polusi serta makanan dan minuman manis.

“Polusi itu seyogyanya ditanda kutip pajakin, kita mungkin mengenalnya sebagai denda. Atau misalnya konsumsi gula pada makanan dan minuman manis, yang memicu penyakit diabetes, memicu obesitas itu kan sebuah aspek konsumtif yang membawa dampak negatif bagi publik. Nah itu yang harus kita pajakin,” kata dia.

Sementara itu, hal-hal yang ingin ditumbuhkan, menurut Thomas, tidak perlu dinaikkan pajaknya karena itu disinsentif.

Diskusi bertema “Strategi Kebijakan Perdagangan dan Perindustrian Koalisi Perubahan menuju Indonesia Emas 2045,” juga dihadiri  Ilham Habibie.

No Comments

    Leave a Reply