Pilpres 2024, Slank Luncurkan Lagu “Salam M3tal,” Menangkan Ganjar-Mahfud

January 29, 2024

BRIEF.ID  – Grup band papan atas Indonesia, Slank meluncurkan lagu berjudul “Salam M3tal”  (Menang Total) di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Senin (29/1/2024).

Peluncuran lagu “Salam M3tal” sebagai wujud dukungan Slank   kepada pasangan  Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres)  Mahfud MD untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024, yang akan digelar 14 Februari 2024.

Kaka, vokalis grup band yang berdiri sejak tahun 1983 itu mengungkapkan,  sebelumnya Slank bersepakat untuk tidak terlibat langsung pada pesta demokrasi Pilpres 2024.  Namun, sang gitaris,  Ridho terus membujuk dan menyatakan bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

“Kemarin,  kita sudah berada di atas gunung, sekarang kami turun gunung lagi. Dan,  Slank tahunya bahasa lagu, perjuangan demokrasi harus dilanjutkan,” kata Kaka.

Senada dengan Kaka, drummer Slank, Bimbim juga mengungkapkan keresahannya bahwa  Indonesia sedang tidak asyik-asyik saja

“Tadinya, kita tidak mau berpolitik. Tapi Indonesia sedang tidak asyik-asyik saja,” ujar Bimbim.

*Bermakna Persatuan Indonesia*

Lagu “Salam M3tal” yang khusus ditulis Slank untuk duet Ganjar-Mahfud,  memiliki makna mendalam. 

Ganjar mengungkapkan, Nomor Urut 3, sesuai Sila Ketiga Pancasila adalah “Persatuan Indonesia.”

“Nomor urut tiga, artinya, Persatuan Indonesia. Tidak tercerai-berai,” kata Ganjar.

Disebutkan, simbol metal a’la PDI Perjuangan  telah lama menjadi ekspresi kegembiraan dan identitas partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Bagi PDI Perjuangan,  metal  adalah singkatan dari  Merah Total. Istilah ini sering dikaitkan dengan simbol warna partai, yaitu warna merah darah,  yang mirip dengan warna merah pada Bendera Merah Putih,” ujar Sekjen PDI Perjuangan  Hasto Kritiyanto.

Selain itu, Salam Metal memiliki akar sejarah dalam perlawanan  dan protes terhadap rezim otoriter, pada Pemilu 1987.

No Comments

    Leave a Reply