Menu Berbuka Puasa Khas Manado di Bulan Ramadan

April 8, 2024

BRIEF.ID – Santapan enak kerap menghiasi meja makan pada bulan suci Ramadan. Saat ini, pada setiap bulan Ramadan makanan khas Manado makin dikenal dan dicari masyarakat Indonesia. Contohnya, Klapertaart, Bubur Manado, Es Kelapa Muda, dan kue Lampu-lampu.

Sajian ini   sangat cocok dijadikan sebagai menu  sahur dan berbuka puasa.

  1. Klapertaart

Klapertaart dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Kue ini disebut-sebut sarat pengaruh Belanda, yang pernah menduduki Kota Manado.

Hidangan yang paling jos disajikan dalam kondisi dingin, memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis khas membuat klapertaart menjadi sajian tepat untuk berbuka puasa.

  • Bubur Manado

Bubur Manado yang biasa disebut Tinutuan adalah salah satu makanan khas Indonesia asal Manado, Sulawesi Utara.  

Bubur Manado terbuat dari campuran beras, ubi, singkong, labu kuning, jagung manis, serta sejumlah sayuran. Ada  bayam, kangkung, daun gedi, daun kunyit, daun bawang, sereh, dan daun kemangi.

Sedangkan, bumbu penyedap yang digunakan untuk membuat Bubur Manado, adalah garam.  Bubur Manado biasanya disajikan bersama sambal Roa, sambal Bakasang, dan Ikan Asin goreng.

Rasa Bubur Manado tidak berbeda dengan bubur pada umumnya, namun cita rasanya lebih khas karena ada aroma kemangi dan campuran jagung manis. Paling pas Bubur Manado disantap saat berbuka puasa.

  • Es Kelapa Muda Gula Merah

Rekomendasi kuliner  khas Manado berikutnya adalah es kelapa muda gula merah. Minuman ini disajikan dengan mencampurkan gula merah pada kelapa muda di dalam gelas. Setelah itu, barulah es kelapa diberi bongkah-bongkah es batu untuk memberi efek dingin.

Paling mantap es kelapa muda gula merah disajikan saat berbuka puasa. Minuman ini mampu  menyegarkan dahaga.

  • Kue Lampu-lampu

Lampu-lampu adalah kue tradisional  dari Sulawesi Utara. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, dan santan.

dikenali dari tampilannya yang disajikan dalam mangkok, yang terbuat dari daun pandan.

Kue ini sering disajikan sebagai menu berbuka puasa dan memiliki tekstur seperti agar-agar dan paling jos jika menyimpannya terlebih dulu di dalam lemari es sebelum disantap. Selamat menikmati…

No Comments

    Leave a Reply