Pernyataan Mahfud MD Valid, Berbagai Hasil Jajak Pendapat Tunjukkan Ganjar Menang Debat

January 8, 2024

BRIEF.ID  – Ganjar Pranowo bertemu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto untuk kedua kalinya di panggung debat, Minggu   (7/1/2024). Debat Calon Presiden (Capres) yang berlangsung penuh dinamika itu adalah debat ketiga dari lima rangkaian debat Capres dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

“Tidak ada perdebatan di kalangan publik. Paslon 3 menang di semua lini,” kata Mahfud MD di Jakarta, Senin (8/1/20240.

Berbagai hasil jajak pendapat pasca debat capres  menunjukkan Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo unggul dibanding dua capres lainnya.

SCTV yang bekerja sama dengan lembaga riset big data dan artificial intelligence, Indonesia Indicator pada akhir siaran langsungnya menampilkan sentimen positif netizen bagi Ganjar, yakni 79%. Sementara itu, Prabowo mendapatkan sentimen terendah (51,07%) dan sentimen terhadap Anies berada pada angka 58,02%.

Media lainnya juga turut melakukan penilaian sentimen. Katadata mengungkap sentimen positif terhadap Ganjar yang hampir sama dengan Indonesia Indicator, yakni 78,97%. Di lain sisi, persentase sentiment positif Prabowo dan Anies secara berurutan terpaut jauh dari Ganjar (48,94% dan 52,97%).

Litbang Kompas juga melakukan jajak pendapat saat berlangsungnya debat, yaitu pada pukul 19:30-22:00. Hasil pengumpulan pendapat yang dilakukan melalui telepon  menunjukkan kepuasan terhadap penampilan Ganjar adalah yang tertinggi. Sebanyak 79,7% responden mengaku puas dengan Ganjar. Sementara itu, tingkat kepuasan terhadap Prabowo adalah 48,8% dan Anies 71,4%.

Di ranah media sosial. Malaka Project juga menerbitkan hasil jajak pendapatnya dilansir dari akun IG @malakaproject.id, performa Ganjar dinilai netizen sebagai yang paling baik (43%) disusul Anies 25%, dan Prabowo 32%.

Soal data yang enggan diungkap Prabowo saat debat, Mahfud mengatakan, “Debat itu yah datanya dibuka, di debat itu bukan diajak ngomong berdua. Dan, tidak semua yang ditanyakan itu rahasia. Rahasia itu ada undang-undangnya. Kalau anggaran, itu buka ke public karena itu tanggung jawab publik.”

Mahfud MD akan menghadapi Cawapres Nomor Urut 1 dan 2,  pada Debat tanggal 21 Januari 2024.

No Comments

    Leave a Reply