Tiga Strategi Sat Set Tas Tes Ganjar Pranowo Tuntaskan Persoalan Pekerja

January 8, 2024

BRIEF.ID  – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan tiga strategi Sat Set Tas Tes  untuk menuntaskan berbagai persoalan yang kini dihadapi para pekerja di Indonesia.

Strategi pertama adalah memperjelas dan mempertegas  status kepegawaian.  Status kepegawaian harus  lebih jelas dan sesuai Undang Undang (UU) Ketenagakerjaan yang berlaku.

“Kita akan dorong perusahaan untuk mempertimbangkan status pegawai tetap bagi para pekerjanya. Apalagi bagi yang sudah lama,” kata Ganjar yang diunggah pada  akun Instagram pribadinya  @ganjar_pranowo, Senin (8/1/2024).

Strategi kedua, menurut Capres berambut putih itu, upah harus  mencukupi kebutuhan keseharian pekerja. Strategi ketiga adalah ketersediaan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.

Ketiga strategi itu harus mempertimbangkan  pertumbuhan ekonomi, inflasi, kebutuhan msyarakat, termasuk menentukan upah minimum sektoral, yang tidak akan lebih rendah dari upah minimum sektoral di provinsi maupun kabupaten/kota.

“Ini yang perlu mendapatkan kajian. Dengan menyelesaikan tiga perkara itu.  Saya dan Pak @mohmahfudmd yakin bisa memberi tambahan stimulan kemakmuran untuk teman-teman buruh,” kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar mengungkapkan, berdasarkan ketentuan upah minimum yang berlaku setahun,  upah berikutnya akan disesuaikan dengan kondisi.  Artinya, pertama, pegawai mestinya sudah berstatus tetap dan itu akan dikontrol.

Kedua, saya akan mendorong upah agar sesuai  kebutuhan, hari ini.

Ketiga, memastikan jaminan kesehatan dari para pekerja. Negara memiliki  andil dalam menyediakan jaminan keluarga, kesehatan, jaminan kematian, termasuk kecelakaan kerja.

“Mudah-mudahan ini akan mendorong kinerja kita untuk menjadi negara yang jauh lebih produktif. Dengan menyelesaikan tiga perkara itu saya dan Pak @mohmahfudmd yakin bisa memberi tambahan stimulan kemakmuran untuk teman-teman buruh,” kata Ganjar.  

No Comments

    Leave a Reply