Ganjar Pranowo Janji Membuat “Teri Medan” Mendunia

January 28, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo berjanji akan membuat ikan ‘Teri Medan’ mendunia. Ganjar akan membantu para  nelayan di Kota Belawan,  Sumatera Utara (Sumut) agar dapat  mengekspor  ikan “Teri Medan”  ke berbagai negara.

Hal itu diungkapkan Ganjar  usai menghadiri kampanye terbuka Hajatan Rakyat Medan di Istana Maimun, Medan, Minggu (28/1/2024). Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Sumut  dimeriahkan kelompok band Slank dan artis lokal.

Menurut Capres berambut putih itu, sesaat setelah  mendarat di Bandar Udara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut,  pada Minggu pagi  langsung menemui para nelayan di Kampung Nelayan Kurnia, Kota Belawan.

Di Kampung Nelayan Kurnia,  mantan Gubernur Jawa Tengah itu  melihat langsung kondisi perkampungan dan mendengarkan persoalan yang dihadapi para nelayan setempat.

Mereka berharap  pasokan bahan bakar minyak (BBM) lancar, ada bantuan alat tangkap dan mesin, serta ikan Teri Medan yang sangat  terkenal di Indonesia, bisa mendunia.

“Ada satu hal yang menarik, mereka berharap Teri Medan mendunia. Itu sangat khas di sini. Nelayan bisa menangkap teri ini, dan mengelolahnya  dengan baik. Maka,  butuh bantuan  pemerintah,” ujarnya.

Badan Sawit

Selain menjaring aspirasi  para nelayan, Ganjar juga bertemu kalangan petani sawit di Kabupaten Deli Serdang. Para petani mengusulkan agar pemerintah membentuk institusi  badan sawit, yang diawasi langsung  Presiden sehingga harga komoditas pertanian itu  stabil.

Selain itu, petani sawit juga berharap reforma agraria diterapkan  sesuai aturan yang berlaku, sehingga ada kepastian status tanah  milik petani dan tidak terjadi  lagi konflik berkepanjangan.

“Kedua, memastikan harga tandan buah segar (TBS) sawit benar-benar stabil. Dan, terakhir tata kelola sawit. Mereka berharap ada badan sawit di bahwa presiden,” tukas Ganjar.

Sebelumnya, saat Kampanye Akbar di Lapangan Astaka Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Ganjar menyampaikan salah satu perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia berada di Sumut.

No Comments

    Leave a Reply