Whoosh Buka Gerbang Indonesia Menuju Era Kereta Cepat

October 2, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian secara komersial Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Whoosh menjadi pembuka gerbang bagi Indonesia untuk menuju era kereta cepat. Indonesia juga menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat.

Beroperasinya Whoosh sekaligus memenuhi harapan Presiden Jokowi untuk memangkas kerugian masyarakat sebesar Rp 100 triliun per tahun akibat kemacetan. Menurut laporan Bank Dunia, potensi kerugian di Jakarta akibat kemacetan mencapai Rp 65 triliun per tahun. Bahkan, Jakarta tercatat sebagai 10 besar kota paling macet di dunia.

Nilai kerugian yang dialami Jakarta akan membengkak apabila ditambah wilayah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor, kerugian mencapai Rp100 triliun per tahun.

Sementara itu, kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, dan Makasar nilai kerugian akibat kemacetan mencapai Rp 12 triliun per tahun.

Peresmian rencananya akan digelar pada pukul 09.00 WIB, disaksikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Kereta peluru buatan Tiongkok bernama “Whoosh” ini dibangun untuk mengangkut lebih dari 600 orang penumpang untuk sekali perjalanan dari Jakarta ke Bandung, di Jawa Barat dalam waktu 45 menit.

Moda transportasi massal yang merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road Tiongkok telah mengantongi izin operasi transportasi publik dari Kementerian Perhubungan.

Kecepatan KCJB yang mencapai 350 kilometer per jam atau 220 mil per jam, pembangunannya memakan biaya lebih dari US$ 7 miliar.

No Comments

    Leave a Reply