Dubes Rosan: Investor AS Jadikan Indonesia Tujuan Investasi Energi Hijau

June 25, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani menyatakan, investor AS  tertarik untuk menjadikan  Indonesia sebagai tujuan investasi energi hijau  seiring perkembangan global, energi baru dan energi  terbarukan (EBT) yang semakin strategis bagi perekonomian dunia, mengurangi perubahan iklim, dan menjaga ketahanan energi.

Ketertarikan itu diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian prakerja sama  SEG Solar Inc dan ATW Group  tentang  lahan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah untuk rencana investasi senilai US$ 500 juta.  

Penandatangan dilakukan  Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan, CEO SEG Solar Inc Jim Wood, Founder ATW Group Antonius Weno, dan Direktur ATW Group Victor Samuel  di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  di Washington  DC, AS, Jumat (23/6/2023),  disaksikan  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Dubes Rosan.

“Investasi  di bidang energi hijau berupa  industri pembuatan panel surya dan modul surya berkapasitas hingga 5 giga watt (GW). Alhamdulillah, investasi ini  akan menciptakan lapangan kerja bagi  2.000 tenaga kerja Indonesia,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Minggu (25/6/2023).

Ia mengatakan,  SEG Solar Inc  adalah perusahaan produsen panel dan modul surya yang didirikan  tahun 2016 dan berkantor pusat di Houston, Texas, Amerika Serikat. SEG Solar Inc  rencananya akan memproduksi bahan setengah jadi di KITB, yang  akan dipasok untuk AS dan  diekspor ke negara-negara lainnya.

“Dengan investasi sebesar US$500 juta, komitmen SEG Solar Inc selaras dengan fokus strategis Pemerintah Indonesia pada hilirisasi industri, transisi energi, dan  sebagai pusat rantai pasokan energi hijau,” jelas dia.

Saat ini AS menempati peringkat ke-6 negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia,  dengan total investasi US$9,4 miliar, pada  periode 2018 hingga triwulan pertama 2023.

“Penandatangan kerja sama ini memperkuat keyakinan kami untuk dapat menarik lebih banyak investasi dari perusahaan-perusahaan AS ke Indonesia di masa mendatang,” kata Dubes Rosan.

No Comments

    Leave a Reply