Hasil Jajak Pendapat Voxpopuli, Mayoritas Publik Puas Kepemimpinan Jokowi

April 10, 2023

BRIEF.ID – Lembaga Voxpopuli Research Center merilis hasil jajak pendapat  yang menyebutkan  77,3% publik mengaku  puas dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama setahun terakhir.

“Dalam setahun tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi stabil, kini mencapai 77,3%,” kata peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono mengutip Antara, Senin (10/4/2023).

Prijo  menjelaskan angka tersebut tidak terlalu berubah sejak survei bulan Maret 2022, di mana tingkat kepuasan selalu di atas kisaran 75 %. Sementara itu, sebanyak 18,3% mengaku tidak puas, di antaranya 1,0 % tidak puas sama sekali, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 4,4%.

Disebutkan,  tinggi dan stabilnya tingkat kepuasan berkorelasi dengan stabilnya perekonomian nasional di tengah sejumlah guncangan. Tercatat pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 sebesar 5,31%, di mana tiap triwulannya selalu berada di atas 5%.

Pada kurun waktu yang sama terjadi kenaikan inflasi, dari sebesar 2,64 % pada Maret 2022 menjadi 4,35% pada Juni 2022, hingga mencapai rekor tertinggi 5,95% padaSeptember 2022.

“Saat itu, pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM bersubsidi, setelah beberapa bulan sebelumnya mengalami tekanan akibat gejolak ekonomi yang melanda seluruh dunia,” katanya.

Prijo mengatakan, disrupsi terhadap rantai pasok khususnya komoditas pangan dan energi terjadi secara global, diperparah oleh invasi Rusia atas Ukraina. Kelangkaan dan lonjakan harga mengerek inflasi hingga ancaman resesi yang mengikutinya.

“Pemerintah mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi dengan mencabut pemberlakuan PPKM dan mengeluarkan Perppu Cipta Kerja, sehingga diharapkan ekonomi bisa bergerak lebih cepat lagi,” ungkapnya.

Hasilnya, inflasi bisa ditekan pada kisaran 5%, hingga turun menjadi 4,97% pada Maret 2023 lalu. Pemerintah juga optimistis pertumbuhan ekonomi pada 2023 tetap berada di atas kisaran 5%.

“Keberhasilan pemerintah menjaga stabilitas ekonomi di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 maupun persoalan geopolitik membuat tingkat kepuasan publik terjaga tetap tinggi,” katanya.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 25-31 Maret 2023, dan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error  survei sebesar ±2,9%, pada tingkat kepercayaan 95%.

No Comments

    Leave a Reply