Soliditas Tiga Pilar PDI Perjuangan Kompak Hadapi Pemilu 2024

October 1, 2023

BRIEF.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Kreatif  Prananda Prabowo yang akrab disapa Nanan mengungkapkan, soliditas tiga pilar partai, yaitu eksekutif, struktural, dan legislatif menunjukkan kekompakan  menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Melalui agenda rakernas ini, PDI Perjuangan juga menunjukkan soliditas Partai menghadapi Pemilu 2024,” ujar Nanan pada penutupan  Rakernas IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Ia mengatakan, berbagai arahan yang disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjadi perhatian utama para peserta, termasuk soal menjaga kedisiplinan, spirit gotong royong,  dan bekerja  turun ke bawah, ke akar rumput.

“Termasuk, menekankan persoalan pangan sebagai hal yang sangat penting,” katanya.

Ia mengungkapkan kehadiran ribuan petani dan penyelenggaraan pameran pangan wujud komitmen partai, karena persoalan pangan sangat penting, sehingga  PDI Perjuangan selalu memilih tema spesifik.

“Selama Rakernas IV, Ibu Ketua Umum dua kali berkunjung ke pameran pangan. Hari pertama bersama Pak Jokowi dan capres Ganjar Pranowo. Hari kedua juga kembali meninjau dan berdialog dengan penjaga stan di arena pameran pangan,” jelas dia.

Simbolisasi Keberpihakan

Selain itu, momen penyerahan bibit padi oleh petani kepada Megawati, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan capres Ganjar Pranowo pada pembukaan Rakernas adalah bentuk simbolisasi keberpihakan.

“Pada simbol Pancasila sila kelima, padi melambangkan pangan dan sandang, yang merupakan syarat utama kemakmuran,” jelasnya.

Tema Rakernas IV PDI Perjuangan bagi sebagian pihak terkesan tidak seksi dalam konteks politik terkini. Begitu pun di Rakernas sebelumnya yang membahas jalur rempah untuk menyadarkan Indonesia sebagai negara yang kaya  rempah-rempah, juga  pangan bumbu-bumbuan.

Walau begitu, PDI Perjuangan tetap setia di jalan ideologi dengan membahas dan berupaya menemukan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah riil yang dihadapi rakyat.

Ia juga menyoroti kehadiran pelajar di arena pameran pangan. Menurutnya, momen itu bisa semakin menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan berdikari di kalangan muda.

“Diharapkan para pelajar itu, kaum Gen Z, mendapat inspirasi terhadap upaya menggelorakan kemajuan dan semangat berdikari, dan cinta tanah air,” pungkas Nanan.

Kegiatan Rakernas IV PDIP berlangsung selama tiga hari dari Jumat (29/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023) di JIExpo Kemayoran.

Tema Rakernas IV PDI Perjuangan adalah “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia,”  dan subtema “Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia.” (Antara/nov)

No Comments

    Leave a Reply