Presiden Jokowi Optimistis Negosiasi Indonesia-EU CEPA Rampung Tahun Depan

May 21, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis negosiasi  Indonesia-European Union (EU) Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) akan rampung, tahun depan. 

Optimisme itu disampaikan Kepala Negara saat menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Hotel Grand Prince Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023).

“Terkait Indonesia-UE CEPA, Indonesia berharap negosiasi selesai paling lambat tahun depan,” kata Presiden Jokowi.

Hadir dalam pertemuan itu, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pada kesempatan itu, kedua pemimpin mengungkapkan pentingnya penyelesaian negosiasi Indonesia-UE CEPA. Sedangkan terkait regulasi deforestasi Uni Eropa (UE), Presiden Jokowi mengatakan, sejak awal pembahasan Indonesia telah menyampaikan keberatan atas diterbitkannya regulasi itu.

Kepala Negara menilai regulasi diskriminatif itu  dapat menghambat perdagangan dan merugikan petani kecil di Indonesia.

“Proses benchmarking dengan cut of date mulai 2020 harus betul-betul terbuka dan objektif.  Sebagai informasi, laju deforestasi Indonesia 2019-2020 telah turun 75% menjadi 115 ribu hektare. Ini laju terendah sejak tahun 1990 dan terus alami penurunan,” kata Kepala Negara.

Dikatakan, Indonesia dan Malaysia akan melakukan misi bersama ke Brussels, Belgia untuk menyampaikan kembali keberatan terhadap berbagai regulasi UE yang merugikan dan menyampaikan data-data konkret yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi UE dan dapat dijadikan bahan pembuatan kebijakan yang objektif.

No Comments

    Leave a Reply