Menag: Indonesia Milik Semua Agama, Bukan Satu Kelompok Saja

October 1, 2023

BRIEF.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, Indonesia milik semua agama, bukan satu kelompok saja, dan Indonesia bukan punya satu agama saja.

Penegasan itu disampaikan Menag saat memberikan sambutan pada “Doa Bersama untuk Bangsa” yang diselenggarakan  Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma lndonesia (MNSBDI) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/9/2023).

“Hal penting yang perlu disampaikan pada kesempatan kali ini yaitu, Indonesia bukan hanya satu kelompok saja, Indonesia bukan punya satu agama saja, tapi juga punya umat Buddha, milik semua Agama,” kata Menag seperti dilansir laman resmi Kementerian Agama RI.

Ia mengatakan, sebagai negara  milik semua agama, umat Buddha tak perlu ragu atau takut mengakui bahwa Indonesia juga milik umat Buddha.

“Kalau di Agama Buddha kita kenal ada Jenderal Gatot Subroto, yang ikut memperjuangkan negeri ini. Artinya, kontribusi umat Buddha tidak perlu lagi dipertanyakan kepada negeri ini. Semua umat beragama mempunyai saham, sehingga wajar kita meminta devidennya. Devidennya beragam, salah satunya memberikan kebebasan dalam memeluk kepercayaannya masing-masing,” jelas Menag.

Pada kesempatan itu, ia mengajak umat Buddha untuk melawan siapa pun yang ingin mengganggu keragaman Indonesia, dengan menafikan kontribusi umat beragama yang ada di Indonesia. “Mereka yang seperti itu ingin merusak Indonesia. Siapa pun yang ingin merusak Indonesia, harus dilawan bersama,” kata Menag.

No Comments

    Leave a Reply