Rugikan UMKM dan Pasar Konvensional, Presiden Panggil Menteri Bahas TikTok

September 25, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/9/2023). Para menteri yang hadir di antara

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, rapat yang dipimpin Presiden Jokowi membahas tentang kegiatan perniagaan berbasis sistem elektronik, di antaranya TikTok Shop.

“Rapat terbatas soal perniagaan dengan sistem elektronik. Ya, TikTok Shop,” kata Menkominfo.

Namun, ia tidak memerinci  poin-poin apa saja yang akan dibahas dalam ratas.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan rapat  terbatas membahas perdagangan digital secara keseluruhan.

“Ya,  soal perdagangan digital, semuanya. Rapat mengenai e-commerce,” kata Mendag.

Di sisi lain, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia enggan menjelaskan mengenai hal-hal yang akan dibahas dalam rapat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, perdagangan elektronik (e-commerce) di platform layanan hosting video berdurasi pendek TikTok penjualan berdampak menurunannya  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta  pasar konvensional.

Presiden Jokowi menyatakan,  seharusnya platform milik perusahaan asal Tiongkok itu hanya berperan sebagai media sosial dan bukan media ekonomi.

“Itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro, dan juga pada pasar. Pada pasar, di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan. Mestinya, TikTok  itu sosial media, bukan ekonomi media,” kata Jokowi di  Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

No Comments

    Leave a Reply