Pulau Ruang Dijadikan Kawasan Konservasi, Pemerintah Siapkan 310 Unit RISHA di Bolsel

May 4, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan akan membangun sebanyak 310 Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) untuk para korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau, Tagulandang, dan Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara.

Rumah tersebut nantinya akan dibangun di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Saat ini, terdapat 100 unit RISHA di Manado, dan nantinya akan dikirim dari Surabaya, Jawa Timur, Medan (Sumatera Utara), dan Jakarta sebanyak  210 unit.

“Gunung Ruang itu , sebanyak 310 rumah yang perlu direlokasi. Itu akan kita relokasi, sekarang sedang disiapkan lahannya,” kata Basuki  di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Basuki mengatakan, seluruh RISHA dan infrastruktur pendukung lainnya dalam keadaan baru. Sebab, Pulau Ruang akan dikosongkan untuk dijadikan kawasan konservasi.

“Jadi, permanen, karena di Gunung Ruang itu harus kosong. Kawasan itu akan dijadikan wilayah konservasi,” jelas dia.

Basuki mengatakan, Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang akan disediakan untuk penduduk Pulau Ruang disiapkan secara cepat dengan mengambil stok dari Medan, Jakarta, Surabaya, dan Manado.

“Iya rumah yang biasa, seperti di Cianjur itu. Cepat bangunnya,” kata Basuki.

No Comments

    Leave a Reply