RI-Jepang Tingkatkan Status Kemitraan Menjadi Mitra Strategis Komprehensif

September 8, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Jepang sepakat untuk meningkatkan status kemitraan kedua negara menjadi mitra strategis komprehensif.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9/2023).

“Saya senang Indonesia dan Jepang telah sepakat untuk tingkatkan status kemitraan menjadi mitra strategis komprehensif,” ujar Presiden.

Prioritas utama saat ini menurut Presiden Jokowi, yaitu menentukan arah kerja sama konkret yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Ini adalah tugas kita untuk berikan arah prioritas kerja sama kita, sehingga mampu berikan manfaat nyata bagi masyarakat dan berkontribusi bagi stabilitas dan perdamaian,” lanjutnya.

Senada, PM Kishida  juga mendorong penguatan kemitraan strategis kedua negara. PM Kishida pun mengaku senang atas pernyataan tentang kemitraan strategis tersebut yang telah diumumkan bersama.

“Saya merasa senang sekali kita dapat mengumumkan pernyataan bersama tentang kemitraan strategis komprehensif kedua negara,” kata PM Kishida.

No Comments

    Leave a Reply