Presiden Jokowi Bertekad Menjadikan ASEAN Kawasan Pusat Pertumbuhan

September 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tekad untuk menjadikan ASEAN sebagai  kawasan pusat pertumbuhan.

Tekad itu disampaikan Kepala Negara saat  membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Asia Timur yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta,  Kamis (7/9/2023). 

“ASEAN telah bertekad menjadikan kawasan in sebagai epicentrum of growth sehingga ASEAN akan terus bekerja, memainkan peran sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas,” kata Kepala Negara.

Kepala Negara mengatakan,  selaku Ketua ASEAN  akan sangat menghargai apabila dalam KTT Asia Timur ini para pemimpin dapat menyepakati pernyataan tingkat pemimpin mengenai tekad tersebut.

“Masyarakat dunia akan menilai apakah kita adalah para pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa seluruh negara yang hadir pada KTT Asia Timur memiliki tanggung jawab yang sama untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. Seluruh negara juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan ruang dialog dalam perbedaan yang ada.

“Kita memiliki tanggung jawab untuk tidak menciptakan konflik baru. Untuk tidak menciptakan ketegangan baru, untuk tidak menciptakan perang baru,” lanjut Presiden.

Ia  meminta seluruh pemimpin negara Asia Timur untuk menjadikan forum KTT ini sebagai tempat untuk memperkuat kolaborasi dan kerja sama, bukan untuk mempertajam rivalitas. Presiden juga mengajak seluruh pimimpinan untuk menunjukkan kebijaksanaan agar pertemuan ini bermanfaat nyata bagi rakyat.

“Di sinilah masyarakat dunia akan menilai apakah kita adalah pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua,” tegasnya. 

No Comments

    Leave a Reply